Hitstat

29 July 2013

Efesus - Minggu 45 Senin



Pembacaan Alkitab: Ef. 4:14

Kita telah menunjukkan bahwa doktrin termasuk di antara keempat kategori hal-hal negatif yang merusak hidup gereja. Ketiga kategori lainnya ialah ketentuan-ketentuan, manusia lama, dan cacat kerut. Karena dalam konsepsi alamiah dan agamis kita, doktrin bersifat positif dan dipandang positif oleh kebanyakan orang Kristen, maka sulitlah membicarakan masalah doktrin secara negatif. Namun doktrin dapat menggagalkan pembangunan Tubuh Kristus. Dalam Efesus 4:14 Paulus membicarakan efek negatif doktrin: “Sehingga kita bukan lagi anak-anak, yang diombang-ambingkan oleh berbagai angin pengajaran, oleh permainan palsu manusia dalam kelicikan mereka yang menyesatkan.” Tidak banyak orang Kristen yang menaruh perhatian secukupnya terhadap ayat ini, yaitu yang menunjukkan betapa doktrin dapat merusak Tubuh Kristus.

Kebanyakan orang Kristen menghargai orang-orang yang berpengetahuan Alkitab. Tetapi pada satu aspek, beroleh pengetahuan Alkitab yang sangat banyak dapat menjadi hal yang mengerikan, jika pengetahuan Alkitab itu menyebabkan kita kehilangan Kristus. Ingatlah bahwa orang-orang yang mengenal Alkitablah — orang-orang Farisi dan ahli Taurat — yang menganiaya Tuhan Yesus dan para rasul. Hari ini prinsipnya juga sama. Orang-orang yang paling menentang pemulihan Tuhan adalah mereka yang mempunyai sejumlah pengetahuan Alkitab.

Perhatian Allah tertuju pada Kristus dan gereja, bukan pada doktrin atau pengetahuan Alkitab. Tetapi banyak orang Kristen lebih banyak memperhatikan doktrin daripada Kristus dan gereja. Ekonomi Allah bukan ingin memiliki sekelompok orang yang mengenal Alkitab, melainkan menggarapkan Kristus ke dalam umat pilihan-Nya bagi pembangunan Tubuh. Kita harus mengecam doktrin mana pun yang menyelewengkan kita dari Kristus atau yang menghambat kita untuk dibangun di dalam Tubuh. Bahkan doktrin-doktrin yang alkitabiah atau fundamental pun dapat diperalat musuh untuk menyelewengkan kita dari Kristus dan gereja. Iblis benci melihat umat Allah terbangun di dalam Tubuh. Walaupun sasaran Allah ialah menghasilkan Tubuh melalui menggarapkan Kristus ke dalam kita, tetapi kebanyakan umat-Nya telah diselewengkan dari ekonomi Allah dan tujuan kekal Allah. Di antara hal-hal baik yang dipakai Iblis dalam tipu dayanya untuk menyelewengkan umat Allah dari kehendak Allah terdapat doktrin-doktrin. Alasan Allah menegaskan (mengkonfirmasikan) pemulihan gereja, karena dalam pemulihan kita menuntut sasaran Allah, tidak semata-mata menuntut pengetahuan doktrinal.

Dalam lubuk batin, bahkan tanpa disadari, beberapa di antara kita mungkin masih berpegang pada doktrin-doktrin tertentu. Doktrin-doktrin yang tersembunyi di dalam kita itu mungkin pada suatu hari menyebabkan kita menjadi berbeda pendapat. Hal ini dapat terjadi pada saudari-saudari seperti juga pada saudara-saudara. Sesungguhnya, doktrin sering lebih kuat dipegang oleh saudari-saudari daripada saudara-saudara. Menurut pengalaman saya, saudari lebih sulit untuk membuang suatu doktrin daripada saudara, karena sejauh mengenai masalah doktrin, saudari-saudari bersifat subyektif, sedang saudara-saudara bersikap obyektif. Karena itu sulit sekali saudari-saudari mengubah doktrin mereka. Kesulitan dalam hidup gereja ditimbulkan oleh doktrin yang sering didukung, ditunjang, dan diperkuat oleh saudari-saudari. Kecenderungan saudari untuk berpegang pada doktrin ini dapat menggagalkan, merusak, bahkan meruntuhkan hidup gereja.


Sumber: Pelajaran-Hayat Efesus, Buku 4, Berita 90

No comments: