Hitstat

23 July 2013

Efesus - Minggu 44 Selasa



Pembacaan Alkitab: Ef. 2:21-22


Meskipun pada hari ini ada jutaan orang Kristen di bumi, tetapi sangat sedikit sekali yang telah terbangun bersama orang lain. Alasan dari kurangnya pembangunan ini ialah begitu banyak orang beriman yang tetap berpegang pada ketentuan-ketentuan. Mungkin Anda dahulu adalah anggota denominasi tertentu, tetapi karena ketentuan-ketentuan Anda, Anda tidak bersatu dengan orang lain, dan Anda tidak dapat dibangun dengan mereka. Sebaliknya, Anda menantikan situasi berubah sehingga sesuai dengan ketentuan-ketentuan Anda. Bila tidak ada perubahan atau perbaikan, Anda lalu pindah ke kelompok lain. Anda mengharap menemukan suatu situasi yang sesuai dengan kesenangan Anda. Hal ini menyebabkan banyak orang yang berpindah-pindah dari satu denominasi ke denominasi lain. Ada beberapa orang pernah bersaksi bahwa mereka baru puas ketika mereka masuk ke dalam hidup gereja. Sekalipun memang benar kita telah dipuaskan secara rohani dalam gereja, tetapi kita harus berhati-hati, jangan berpegang pada ketentuan-ketentuan yang mana pun. Dalam pengalaman kita, Kristus seharusnya menjadi segala sesuatu bagi kita: damai sejahtera kita, fondasi kita, dan batu penjuru kita. Kita tidak boleh memperhatikan apa-apa selain Kristus. Apakah sidang-sidang itu bising atau tenang tidak ada bedanya. Kita tidak untuk bising atau tenang, kita hanya untuk Kristus. Dengan memperhatikan Kristus semata, kita baru dapat dengan mudah bersatu dengan orang lain dan terbangun dengan mereka secara lokal dan universal di atas Kristus sebagai satu-satunya fondasi.

Berbicara mengenai pembangunan universal, kita harus berhati-hati dalam membedakan pembangunan ini dengan organisasi. Walau kita secara mutlak bagi pembangunan yang wajar, tetapi kita menentang organisasi. Gereja-gereja akan terbangun secara universal, tetapi itu tidak berarti mereka akan terorganisir secara universal.

Menurut kebenaran Tubuh, Tubuh adalah esa secara universal. Karena itu, gereja-gereja lokal tidak boleh saling mengisolasikan diri. Pengisolasian bertentangan dengan kebenaran keesaan Tubuh. Karena setiap gereja lokal adalah bagian Tubuh yang universal itu, maka tidak ada satu gereja lokal yang boleh terisolasi dari yang lainnya. Lebih-lebih pada hari ini, yang memiliki alat komunikasi dan transportasi yang modern yang memungkinkan cepatnya penyebaran berita-berita dan informasi ke seluruh dunia. Misalkan hari ini di Los Angeles disampaikan berita-berita hayat, dalam beberapa saat akan diketahui oleh puluhan tempat lain. Betapa kelirunya jika satu gereja ingin berdiri sendiri (mengisolasikan diri)! Tubuh sedang menerima suatu transfusi secara terus-menerus. Jika kita mengisolasikan diri dari gereja-gereja lain, kita akan terputus dari transfusi dan sirkulasi hayat dalam Tubuh. Hal seperti ini berlawanan dengan hukum Tubuh. Walaupun kita dapat mengelak dari organisasi, tetapi kita perlu terbangun secara universal sebagai satu Tubuh.

Paulus dengan hati-hati menunjukkan bahwa di dalam Kristuslah semua orang beriman lokal dibangun bersama menjadi tempat kediaman Allah di dalam roh. Mereka tidak dibangun dalam ketentuan-ketentuan, praktek-praktek, atau opini-opini. Kita hanya dapat dibangun dalam Kristus yang almuhit sebagai damai sejahtera, fondasi, dan batu penjuru kita.


Sumber: Pelajaran-Hayat Efesus, Buku 4, Berita 88

No comments: