Hitstat

27 July 2013

Efesus - Minggu 44 Sabtu



Pembacaan Alkitab: Yer. 15:16


Pertumbuhan berasal dari perawatan dan melalui makan dan minum. Di luar proses-proses ini, mustahil ada pertumbuhan. Karena itu, hari ini kita tidak hanya memerlukan pengajaran doktrin, melainkan perawatan dengan makanan rohani yang telah melalui proses. Kita perlu merawat orang lain dengan kekayaan Kristus yang telah kita “masak” dan proses dalam pengalaman kita. Dengan cara ini orang lain akan menerima makanan dan akan bertumbuh. Menurut konsepsi yang agamis, anggota-anggota gereja perlu diatur melalui pengajaran. Tetapi dalam konsepsi ekonomi Allah, umat Allah terutama perlu dirawat melalui menyuplai mereka dengan kekayaan Kristus.

Pertumbuhan membutuhkan waktu. Sebaliknya perubahan yang dihasilkan melalui pengaturan itu cepat sekali. Misalkan seorang beriman yang baru mungkin diajarkan bagaimana ia harus berdandan atau memotong rambutnya. Tetapi itu hanya menghasilkan perubahan lahiriah yakni berubah tanpa pertumbuhan hayat apa pun. Perubahan yang dihasilkan oleh pertumbuhan yang sejati memerlukan waktu. Misalkan Anda dapat membuat bunga buatan dalam satu jam, tetapi untuk menumbuhkan sekuntum bunga yang asli perlu waktu berbulan-bulan. Yang dibutuhkan gereja ialah perawatan yang menghasilkan pertumbuhan hayat yang sejati. Perawatan demikian bukan berasal dari doktrin semata.

Pernahkah Anda perhatikan bahwa dalam Kitab Wahyu tidak terdapat penekanan atas doktrin? Sebaliknya kitab ini membicarakan Roh yang diperkuat tujuh kali, yakni ketujuh Roh yang menyala di hadapan takhta Allah. Kitab Wahyu juga membicarakan tujuh bintang, tujuh kaki pelita, pohon hayat, dan sungai air hayat. Di situ tidak terdapat sesuatu tentang anugerah yang mutlak atau keselamatan yang abadi. Sungguh, secara keseluruhannya, Alkitab terutama bukan sejilid kitab doktrin, melainkan kitab hayat. Kita tidak boleh membaca Alkitab dengan mempelajari doktrin sebagai yang utama, melainkan beroleh makanan melalui roti hidup. Kita harus dapat berkata seperti Nabi Yeremia: “Apabila aku bertemu dengan perkataan-perkataan-Mu, maka aku menikmatinya” (Yer. 15:16). Buanglah doktrin-doktrin dan ketentuan-ketentuan, berkonsentrasilah atas masalah perawatan. Jika kita berbuat demikian, akhirnya kita akan mencapai kedewasaan penuh dan tidak lagi menjadi orang yang diombang-ambingkan oleh angin pengajaran. Bila ada orang datang kepada Anda dengan pertanyaan-pertanyaan yang doktrinal, mungkin Anda harus membacakan Efesus 4:14 kepadanya. Mereka yang ingin mendiskusikan doktrin di bawah kedok ingin bersekutu boleh jadi terpengaruh oleh kelicikan tipu daya Iblis. Waspadalah akan “kail” yang tersembunyi dalam “umpan”.

Kita harus berusaha sekuat tenaga untuk tidak terlibat dalam diskusi-diskusi mengenai doktrin, khususnya ketika berkontak dengan orang-orang baru, atau ketika mengunjungi sidang-sidang orang Kristen di tempat lain. Selain itu, kita harus benar-benar tidak mengkritik orang lain menurut suatu standar doktrinal. Sebaliknya, kita harus menikmati Kristus dan menyuplaikan Kristus kepada orang lain. Inilah jalan Tuhan dalam pemulihan-Nya. Dalam pemulihan ini, yang kita butuhkan bukanlah doktrin, melainkan perawatan yang wajar yang mengarah kepada pertumbuhan yang sejati. Waspadalah terhadap kelicikan Iblis yang menggunakan doktrin untuk menyelewengkan kita dari ekonomi Allah, dan perhatikanlah perawatan, pendirisan, dan pertumbuhan. Inilah keperluan dalam pemulihan Tuhan dewasa ini.


Sumber: Pelajaran-Hayat Efesus, Buku 4, Berita 89

No comments: