Hitstat

17 July 2013

Efesus - Minggu 43 Rabu

Pembacaan Alkitab: Ef. 3:17


Kita tidak seharusnya memiliki ketentuan-ketentuan apa pun dalam sidang. Kita mungkin menikmati pembebasan roh dengan suatu cara yang khas, tetapi kita tidak boleh bersikeras agar orang lain mengikuti cara-cara itu. Sekalipun dalam sidang-sidang di tempat tertentu ada cara-cara yang sangat berbeda dengan cara-cara yang biasa kita lakukan, kita tetap harus bisa menyuplaikan hayat dan menyuplaikan kekayaan Kristus kepada orang lain. Selain itu, kita juga harus bersedia menerima bantuan dari orang lain. Dengan cara demikian kita akan memiliki persekutuan yang sejati dan mengalami suatu suplai secara timbal balik.

Kita wajib senantiasa memusatkan perhatian kita kepada Kristus dan tidak terlibat dalam perdebatan tentang doktrin atau praktek-praktek. Memang, untuk mengetahui bagaimana menyuplaikan Kristus kepada orang lain dengan cara yang demikian kita harus banyak belajar dan banyak mengalami. Namun demikian, yang terpenting bagi kita ialah belajar bagaimana menyesuaikan diri dengan sidang-sidang yang berbeda dengan sidang kita dan bagaimana berfungsi dengan wajar dalam sidang-sidang tersebut. Misalkan mereka yang di lokal tertentu mempraktekkan doa atau kesaksian yang panjang, kita harus mengikuti saja cara mereka, jangan mempertahankan doa dan kesaksian yang pendek dan singkat. Jika kita mempertahankan cara doa dan kesaksian kita, kita akan melukai orang lain dan menyebabkan mereka berpikiran yang tidak-tidak, yaitu mengira kita orang asing atau orang yang aneh.

Kita semua perlu belajar menyuplaikan hayat dalam segala macam persidangan orang Kristen. Jangan sekali-kali meremehkan cara sidang yang berbeda dengan cara sidang kita. Sebaliknya, dalam sidang mana pun kita harus dapat menyalurkan kekayaan Kristus ke dalam kaum saleh. Jika kita telah benar-benar menggusur semua ketentuan dalam pengalaman kita, kita akan dapat melakukan hal ini. Untuk kesatuan dan untuk penyuplaian hayat, kita harus dapat menyesuaikan diri dengan cara-cara yang dipraktekkan oleh orang lain di dalam sidang mereka.

Dalam pemulihan Tuhan kita tidak berniat membentuk suatu denominasi lain. Sebaliknya kita perlu diselamatkan dari semua perpecahan dan menerima semua orang Kristen yang sejati. Dalam sidang kita boleh mempraktekkan doa-baca dan menyeru nama Tuhan, tetapi kita tidak boleh membiarkan praktek-praktek itu menjadi suatu ketentuan. Mungkin saja pada tahun-tahun yang mendatang Tuhan akan memberi kita praktek-praktek yang baru yang berkaitan dengan membebaskan roh. Iman kita dalam Kristus dan kepercayaan kita kepada Alkitab tidak dapat diubah, tetapi cara-cara bersidang kita harus senantiasa terbuka untuk menerima sesuatu yang baru dan yang lebih baik dari Tuhan. Dengan demikian kita akan mempraktekkan hidup gereja tanpa berpegang pada ketentuan apa pun.



Sumber: Pelajaran-Hayat Efesus, Buku 4, Berita 86

No comments: