Hitstat

13 June 2015

Ibrani - Minggu 3 Sabtu



Pembacaan Alkitab: Ibr. 2:1-4


"Keselamatan yang sebesar itu" bukan hanya meliputi seorang Penebus dan seorang Juruselamat, juga meliputi seorang Pemimpin yang berperang bagi kita serta seorang Imam Besar yang menyuplai kita. Karena itu Anda harus terdorong. Kalau Anda tidak berperang, Anda akan dikalah­kan dan tidak mendapatkan roti dan anggur. Bila Anda berperang, Anda tidak hanya akan beroleh kemenangan, bah­kan akan beroleh roti dan anggur. Kita harus bernyanyi haleluya atas "keselamatan yang sebesar itu" Besar dalam apa adanya Kristus.

Apakah yang telah dilakukan Kristus? Ia telah meng­adakan penyucian dosa (1:3). Tenanglah, dosa‑dosa Anda telah disucikan. Walaupun Anda harus membenci dosa‑dosa Anda, Anda tidak perlu terganggu olehnya. Kristus telah menyucikan dosa‑dosa kita sekali untuk selamanya (7:27).

Kristus telah mengecap maut bagi kita (2:9). Karena Ia telah mengalami maut, maut telah dipatahkan (2 Tim. 1:10) dan ditamatkan. Jangan percaya akan maut, sangkallah dia. Apakah dalam gereja Anda ada maut? Sangkallah dia! Ada­ kali penyakit pada tubuh jasmani Anda yang menandakan adanya maut? Jangan percaya, dan jangan menerimanya. Itu semua dusta.

Kristus telah memusnahkan Iblis. Melalui mengambil bagian dalam keadaan kita, Ia telah memusnahkan Iblis yang berkuasa atas maut (2:14‑15). Ini telah Dia rampung­kan di atas salib. Iblis telah tamat. Setiap kali Iblis datang menganggu Anda, Anda harus berkata, "Hai Iblis, engkau salah alamat. Tidakkah engkau tahu bahwa engkau telah musnah, siapakah yang melepaskanmu! Pergilah ke tempat­mu!" Cara terbaik untuk mengusir Iblis ialah memperma­lukannya. Katakanlah, "Hai Iblis, bukankah engkau telah takluk? Engkau sudah musnah? Kembalilah ke tempatmu, jangan banyak bertingkah!" Iblis akan pergi. Melalui meng­ambil bagian dalam keadaan kita, Kristus telah memusnah­kan Iblis dan membebaskan kita dari perbudakan. Maut telah terhempas, Iblis, penguasa maut itu pun telah dibi­nasakan, dan kita telah dibebaskan dari perbudakan.

Kini Kristus sedang menguduskan kita (2:11). Dialah yang menguduskan dan kita adalah yang dikuduskan. Hari lepas hari, Ia menguduskan kita (1 Tes. 5:23‑24). Kita akan terus berada di bawah pekerjaan pengudusan‑Nya, sampai kita berubah serupa Tuhan sepenuhnya (2 Kor. 3:18).

Kristus dapat menolong kita (2:18), bahkan dapat me­nolong dengan sepenuh‑penuhnya. Janganlah mendengarkan dusta. Jangan pula mendengarkan keadaan sekitar Anda, kelemahan Anda, situasi Anda, suami Anda atau istri Anda. Suami atau istri mungkin pembohong kecil. Penyakit Anda, kelemahan Anda, dan keadaan Anda mungkin pula dusta. Janganlah percaya kepada dusta. Saudara pemimpin lebih­lebih tidak boleh mendengarkan dusta. Sering kali musuh memperalat saudara atau saudari untuk mendustai saudara pemimpin. Misalnya, mereka berkata, "Keadaan sidang sangat merosot." Bila ada seorang berkata demikian, janganlah An­da membantahnya, pejamkanlah mata Anda dan katakan, "Itu dusta. Pergilah! Aku percaya gereja hidup dan tetap tinggi." Inilah iman. Anda boleh mencoba dan menyaksikan. Saudari‑saudari, kalau kalian mengatakan bahwa suami kalian tidak baik, saya jamin mereka pasti akan membu­ruk, sebab kalian telah bernubuat demikian terhadap mere­ka. Kalian harus menyeberangi sungai. Jangan percaya kalau suami Anda buruk, sebaliknya katakanlah, "Suamiku paling baik di antara semua laki‑laki!" Kalau Anda mau berkata demikian, Tuhan akan menggenapkan nubuat Anda dan suami Anda akan dibuat‑Nya sungguh‑sungguh paling baik. Ia dapat menolong kita dalam setiap masalah. Ia da­pat menolong kita dalam situasi yang mana pun.

Besarnya "keselamatan" ini terletak pada apa adanya Kristus, apa yang dilakukan oleh Kristus, dan ruang lingkupnya. Bagian yang paling mustika ialah kita dapat me­nikmati Kristus sebagai hayat dan perhentian yang menyelamatkan kita pada zaman ini, dan bagian yang termulia adalah mewarisi Kerajaan. Kristus yang mulia pada zaman yang akan datang.

Sumber: Pelajaran-Hayat Ibrani, Buku 1, Berita 6

No comments: