Hitstat

27 October 2015

Ibrani - Minggu 23 Selasa



Pembacaan Alkitab: Yoh. 6:37; 10:28-29


6) Keselamatan Allah yang kekal juga dijamin oleh kekuatan Allah. Tuhan Yesus pernah mengatakan bahwa Bapa‑Nya lebih besar daripada siapa pun, dan seorang pun tidak dapat merebut kita dari tangan Bapa (Yoh. 10:29). Tidak seorang pun dapat merampas kita dari tangan‑Nya.

7) Keselamatan kita juga terjamin selama‑lamanya oleh hayat Allah (Yoh. 10:28). Percayakah Anda kalau hayat kekal itu telah diberikan kepada kita, kelak akan ditarik kembali? Kalau kita mengatakan kita telah diselamatkan, tetapi masih mungkin binasa lagi, itu berarti hayat kekal yang diberikan‑Nya kepada kita bisa ditarik kembali. Itu sama sekali tidak logis! Begitu kita beroleh hayat kekal, kita tidak akan binasa sampai selama‑lamanya.

8) Allah sendiri merupakan jaminan keselamatan kita. Allah telah memilih, menentukan, memanggil, membenarkan, menyucikan, dan menyelamatkan kita. Pada‑Nya tidak ada perubahan atau bayangan karena pertukaran (Yak. 1: 17); Dia tidak dapat berubah (Mal. 3:6). Keselamatan kita dijamin oleh Allah yang tidak dapat berubah itu.

9) Keselamatan kita dijamin oleh penebusan Kristus. Kristus telah mati untuk kita (Rm. 8:34), dan penebusan yang dirampungkan oleh kematian‑Nya adalah penebusan yang kekal (Ibr. 9:12). Sekali Ia mempersembahkan diri-Nya kepada Allah, maka Ia telah menyempurnakan kita untuk selama‑lamanya (Ibr. 10:14), dan hasil dari penebusan kekal‑Nya adalah keselamatan kita yang kekal (5:9).

10) Kekuatan Kristus juga menjadi jaminan keselamatan kekal kita. Dalam Yohanes 10:28‑29 Tuhan menjamin kita bahwa bukan hanya tangan Bapa, tetapi juga tangan‑Nya akan memelihara kita agar tidak binasa. Kita telah terjamin oleh kedua tangan ilahi, yakni tangan kasih Bapa dan tangan anugerah Putra. Kedua tangan itu memiliki kekuatan memelihara dan menjamin keselamatan kita.

11) Terakhir, janji Kristus juga menjadi jaminan keselamatan kita . Tuhan Yesus berkata, "Semua yang diberikan Bapa kepada‑Ku akan datang kepada Ku, dan siapa saja yang datang kepada‑Ku, ia tidak akan Kubuang" (Yoh. 6:37). Di sini kita nampak bahwa Tuhan berjanji takkan menolak atau membuang siapa pun yang datang kepada‑Nya. Ayat-ayat ini sangat jelas, sedikit pun tidak kabur, dan memberikan dasar yang kuat bagi jaminan keselamatan kita. Siapa pun tidak dapat menghapus ayat‑ayat yang sejelas ini. Jadi, setiap anak Allah harus memiliki iman yang tepat, percaya bahwa keselamatan Allah itu. kekal.


Sumber: Pelajaran-Hayat Ibrani, Buku 3, Berita 45

No comments: