Hitstat

28 April 2018

Matius - Minggu 30 Sabtu


Pembacaan Alkitab: Mat. 22:34-36; Ef. 3:5
Doa baca: “Yang pada zaman orang-orang dahulu tidak diberitahukan kepada anak-anak manusia, tetapi sekarang dinyatakan di dalam Roh kepada rasul-rasul dan nabi-nabi-Nya yang kudus.” (Ef. 3:5)


Setelah menjawab semua pertanyaan orang- orang yang menguji-Nya dengan penuh hikmat, Dia mengajukan pertanyaan kepada mereka tentang Kristus. Pertanyaan mereka berhubungan dengan agama, politik, kepercayaan, dan hukum Taurat. Pertanyaan-Nya adalah mengenai Kristus, pusat segala sesuatu. Mereka mengetahui agama, politik, kepercayaan, dan hukum Taurat, tetapi mereka tidak memperhatikan Kristus.

Ketika orang-orang Farisi ditanyai pertanyaan ini oleh Tuhan, mereka menjawab bahwa Kristus adalah anak Daud (ayat 42). Kemudian Tuhan berkata, “Jika demikian, bagaimanakah Daud oleh pimpinan Roh dapat menyebut Dia Tuannya, ketika ia berkata: Tuhan telah berfirman kepada Tuanku: duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai musuh- musuh-Mu Kutaruh di bawah kaki-Mu. Jadi, jika Daud menyebut Dia 'Tuan', bagaimana mungkin Ia anak-Nya pula?” (ayat 43-45). Pertanyaan ini berarti bagaimana mungkin seorang kakek buyut menyebut cicitnya, “Tuhan”. Ini adalah sebuah pertanyaan yang orang-orang Farisi tidak tahu bagaimana menjawabnya. Kristus adalah Allah; dalam keilahian-Nya Dia adalah Tuhan Daud. Dia juga seorang manusia; dalam keinsanian-Nya Dia adalah Anak Daud. Orang-orang Farisi telah mempelajari Perjanjian Lama dan mereka telah nampak jelas bahwa Kristus adalah Anak Daud. Tetapi mereka tidak nampak bahwa Kristus pun adalah Anak Allah.

Dia adalah Allah juga manusia, Anak Allah juga anak Daud. Janganlah kalian sampai terseret ke dalam perangkap Iblis dengan memperdebatkan persona Kristus. Mengira bahwa Anda mengetahui segala sesuatu tentang persona Kristus sudah menunjukkan bahwa Anda telah masuk perangkap. Kita hanya perlu menyembah Dia, menerima Dia masuk, menikmati Dia, dan mengalami Dia sebagai Yang ajaib.


Sumber: Pelajaran-Hayat Matius, Buku 4, Berita 59

No comments: