Hitstat

03 September 2018

Markus - Minggu 13 Senin


Pembacaan Alkitab: Mrk. 8:27—9:13
Doa baca: “Ia bertanya kepada mereka: ‘Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?’ Jawab Petrus: ‘Engkaulah Mesias!’” (Mrk. 8:29)


Wahyu mengenai Kristus


Bagi murid-murid, untuk dibawa ke butir yang dijabarkan dalam Markus 8:27—9:13, mereka perlu mengalami beberapa tahap. Dalam Markus 1, Petrus dipanggil oleh Tuhan dan mulai mengikuti Dia. Dari pasal 1-8, Petrus dan pengikut setia yang lain mengalami berbagai tahap. Mereka maju langkah demi langkah, makin lama makin tinggi, sampai mereka dibawa ke suatu tempat yang disebut Kaisarea Filipi.

Dalam ayat 27 Tuhan bertanya kepada murid-murid-Nya, “Kata orang, siapakah aku ini?” Sebagai seorang manusia, Kristus adalah rahasia tidak hanya bagi orang-orang pada zaman itu, tetapi juga bagi orang-orang zaman kini. Murid-murid menjawab pertanyaan Tuhan, “Ada yang mengatakan: Yohanes Pembaptis, yang lain mengatakan: Elia, yang lain lagi mengatakan: Seorang dari para nabi.” Ini menunjukkan bahwa tanpa wahyu, orang hanya dapat mengenal bahwa Yesus adalah nabi yang paling besar. Tanpa wahyu surgawi, tidak ada seorang pun dapat mengenal bahwa Dia sesungguhnya adalah Kristus.

Ayat 29 mengatakan, “Ia bertanya kepada mereka, 'Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?' Jawab Petrus, ‘Engkaulah Mesias (Kristus)!’” Di sini kita nampak bahwa Petrus mengambil pimpinan untuk mengumumkan bahwa Yesus adalah Kristus. Petrus tidak membicarakan Tuhan hanya secara umum sebagai Kristus, Yang diurapi. Melainkan dia mengatakan, “Engkau adalah Kristus itu.” Istilah ini bagi kita mungkin tidaklah khusus seperti pada zaman para murid. Petrus menyatakan bahwa Yesus adalah Kristus, Yang diurapi, Mesias itu.

Ketika Petrus membuat pernyataan bahwa Yesus adalah Kristus, dia mungkin tidak jelas mengenai hal ini. Petrus dan murid-murid yang lain harus mengalami semua tahap dalam pasal-pasal sebelumnya guna dibawa ke dalam tahap nampak visi mengenai persona Kristus.


Sumber: Pelajaran-Hayat Markus, Buku 2, Berita 24

No comments: