Hitstat

22 September 2018

Markus - Minggu 15 Sabtu


Pembacaan Alkitab: Mrk. 9:38-50
Doa baca: “Siapa saja yang tidak melawan kita, ia ada di pihak kita.” (Mrk. 9:40)


Formalitas Luaran dan Kesatuan Batiniah


Di dalam Markus 9:40 Tuhan berkata, “Siapa saja yang tidak melawan kita, ia ada di pihak kita.” Peribahasa ini berbicara tentang formalitas luaran di dalam praktek mengenai mereka yang tidak melawan Tuhan (ayat. 39). Menurut ayat 38, seseorang yang mengusir setan di dalam nama Tuhan Yesus, meskipun dia tidak mengikuti murid-murid yang dekat dengan Tuhan. Di sini kita memiliki masalah formalitas luaran. Baik persona ini maupun murid-murid Tuhan sedang mengusir setan. Formalitas murid-murid adalah mengikuti Tuhan Yesus, tetapi formalitas dari pihak lain adalah tidak mengikuti Tuhan dan murid-murid-Nya. Murid-murid mengusir setan dengan mengikuti Tuhan; orang lain ini mengusir setan dengan tidak mengikuti Tuhan, tetapi dengan berada di dalam nama Tuhan. Apa yang kita punyai di sini adalah suatu perbedaan di dalam formalitas luaran.

Mengenai perbedaan di dalam formalitas luaran, kita perlu sangat terbuka. Orang yang disebutkan di dalam ayat 38 sedang mengusir setan di dalam nama Tuhan Yesus. Benar baginya untuk melakukan hal ini, karena dia melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan murid-murid. Sama halnya, kaum beriman hari ini mungkin memberitakan Injil dalam suatu cara yang berbeda dengan pemberitaan Injil kita, tapi baik mereka maupun kita masih memberitakan Injil. Ini adalah masalah formalitas luaran di dalam praktik, dan kita perlu umum di dalam sikap kita mengenai hal itu.

Karena kita di sini bagi pemulihan, kita harus bersatu dengan yang lain. Tidak mungkin bagi beberapa di antara kita berkata, “Meskipun kita tidak satu dengan Anda, kita masih bagi pemulihan Tuhan.” Kita tidak percaya bahwa seseorang dapat bagi pemulihan Tuhan tetapi tidak satu dengan mereka yang berada di dalam pemulihan. Harus ada kesatuan batiniah bagi sasaran pemberitaan Injil.


Sumber: Pelajaran-Hayat Markus, Buku 2, Berita 29

No comments: