Hitstat

24 September 2018

Markus - Minggu 16 Senin


Pembacaan Alkitab: Mrk. 10:1-31
Doa baca: “Melihat hal itu, Yesus marah dan berkata kepada mereka: 'Biarkan anak-anak itu datang kepada-Ku, jangan menghalang-halangi mereka, sebab orang-orang yang seperti itulah yang memiliki Kerajaan Allah.'” (Mrk. 10:14)


Menerapkan Kematian-Nya dan Menikmati Kebangkitan Kristus


Dalam Markus 9:14-50 kita nampak pelatihan oleh Tuhan terhadap murid-murid dalam terang dari apa yang diwahyukan dalam pasal-pasal sebelumnya. Secara khusus, murid-murid dilatih hidup damai satu sama lain untuk mempertahankan kesatuan. Damai dan kesatuan di antara kaum beriman adalah bagi kehidupan Tubuh.

Markus 10 bukan pasal bagi pelajaran teologi. Ini adalah pasal tentang pengajaran bagi mereka yang berada dalam puncak wahyu ilahi dalam Injil ini; ini juga bagi mereka yang telah nampak persona hidup Kristus dengan kematian dan kebangkitan-Nya untuk menjadi pengganti mereka. Jika kita telah nampak visi ini, kita akan memiliki kedudukan yang tepat dan berada di dalam ruang lingkup yang benar untuk menerima apa yang diwahyukan dalam pasal ini. Sebagai contoh, dalam 10:14 Tuhan Yesus berkata, “Biarkan anak-anak itu datang kepada-Ku, jangan halang-halangi mereka, sebab orang-orang seperti inilah yang memiliki Kerajaan Allah.

Jika kita mau masuk ke dalam Kerajaan Allah, kita perlu Kristus menjadi pengganti kita, kita juga perlu menerapkan kematian-Nya dan menikmati kebangkitan-Nya. Menurut apa yang diwahyukan mengenai hati manusia dalam pasal 7, kita secara batiniah tidak bersih, tidak bersih di dalam hati kita. Karena hati kita sedemikian, kita perlu digantikan oleh Kristus. Kita perlu diakhiri melalui kematian-Nya, dan kita perlu kebangkitan-Nya untuk membawa Tuhan sendiri sebagai suplai hayat kita, sebagai roti hayat kita yang sejati. Jika kita tidak memiliki Kristus sebagai pengganti kita, kita tidak akan memiliki pintu masuk ke dalam kerajaan. Terutama kita perlu membaca Markus 10 menurut visi Kristus serta kematian dan kebangkitan-Nya menjadi pengganti kita yang almuhit. Segala sesuatu di dalam pasal ini berkaitan dengan visi Kristus serta kematian dan kebangkitan-Nya.


Sumber: Pelajaran-Hayat Markus, Buku 2, Berita 30

No comments: