Hitstat

07 May 2019

Lukas - Minggu 13 Selasa


Pembacaan Alkitab: Luk. 10:21-24
Doa baca: “Sesudah itu berpalinglah Yesus kepada murid-murid-Nya secara tersendiri dan berkata, 'Berbahagialah mata yang melihat apa yang kamu lihat. Karena Aku berkata kepada kamu: Banyak nabi dan raja ingin melihat apa yang kamu lihat, tetap tidak melihatnya, dan ingin mendengar apa yang kamu dengar, tetapi tidak mendengarnya.” (Luk. 10:23-24)


Hal-hal yang Telah Dilihat dan Didengar


Dalam kedua ayat ini, Manusia-Penyelamat tiga kali membicarakan tentang “melihat”, “ingin melihat”, dan “ingin mendengar”. Hal-hal yang telah dilihat oleh murid-murid, ingin dilihat oleh banyak nabi dan raja, namun mereka tidak dapat melihatnya. Demikian pula hal-hal yang didengar oleh murid-murid. Perkataan Tuhan disini berhubungan dengan dua ayat sebelumnya, yaitu mengacu kepada wahyu mengenai Bapa dan Putra. Pengenalan terhadap Putra perlu wahyu dari Bapa (Mat. 16:17), begitu juga untuk mengenal Bapa perlu wahyu dari Putra (Yoh. 17:6, 26).

Dalam ayat 21-22, Tuhan Yesus berkata dalam Roh Kudus “... semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil. Ya Bapa, itulah yang berkenan kepada-Mu… tidak ada seorang pun yang mengenal siapakah Anak selain Bapa, dan siapakah Bapa selain Anak dan orang yang kepadanya Anak itu berkenan menyatakan hal itu.” “Orang kecil” dalam ayat 21 mengacu kepada murid-murid yang kepada mereka Bapa berkenan untuk menyatakan Putra- Nya, namun Bapa menyembunyikan wahyu ini kepada orang-orang bijak. Tuhan memberi tahu murid-murid bahwa mata mereka berbahagia karena melihat “semuanya”, yaitu berhubungan dengan hal-hal yang tercakup dalam pendaftaran nama kita di surga.
Saat datang kepada firman, kita perlu berdoa agar Tuhan membuka mata kita, dan membuat telinga kita mendengar sehingga kita dapat memahami hal-hal rohani.


Sumber: Pelajaran-Hayat Lukas, Buku 1, Berita 24

No comments: