Hitstat

14 May 2019

Lukas - Minggu 14 Selasa


Pembacaan Alkitab: Luk. 10:38-42
Doa baca: “Tetapi hanya satu saja yang perlu: Maria telah memilih bagian terbaik yang tidak akan diambil dari dia.” (Luk. 10:42)


Memilih Bagian yang Terbaik


Ketika Tuhan datang ke Betania, Marta menerima Dia dan melayani Dia. Namun, Marta melayani Penyelamat menurut konsepsi dan pemahamannya sendiri. Ia mengira bahwa setelah melakukan satu perjalanan yang panjang, Tuhan ingin dilayani dengan hal-hal materi. Karena itu, ia sibuk dengan melakukan banyak hal untuk Manusia-Penyelamat ini. Sebenarnya, Tuhan tidak ingin dilayani dengan makanan. Dia menginginkan orang yang mengasihi Dia itu tenang, duduk bersama-Nya, mendengarkan Dia, dan berkonsentrasi pada pembicaraan-Nya. Dengan cara ini mereka akan mengenal keinginan dan kesukaan-Nya.

Dalam Lukas 10:39 Maria duduk di kaki Tuhan untuk meNdengarkan firman-Nya. Kemudian, ia mempersiapkan minyak untuk mengurapi Dia sebelum kematian-Nya. Bagaimana Maria tahu bahwa dia harus melakukan hal ini? Ia tahu melalui mendengarkan pembicaraan Penyelamat. Dengan duduk di kaki Tuhan dan mendengarkan firman- Nya, ia tahu keinginan dan kesukaan-Nya.

Hari ini banyak orang sibuk, berusaha untuk diselamatkan. Mereka mengira bahwa keselamatan itu tergantung pada apa yang mereka lakukan. Sebenarnya kita tidak perlu melakukan apa-apa untuk diselamatkan, tetapi kita perlu menyadari bahwa kita tidak mampu menyelamatkan diri kita sendiri. Kita semua memerlukan seorang Penyelamat. Kita mungkin berpikir, karena kita telah diselamatkan dan kita mengasihi Dia, maka kita harus sibuk melakukan sesuatu bagi Dia. Tetapi, hal yang paling mustika bagi-Nya bukanlah kita bekerja bagi-Nya atau berusaha melakukan sesuatu bagi Dia. Yang paling mustika bagi-Nya adalah kita duduk bersama-Nya dan dengan tenang mendengarkan firman-Nya. Jika kita duduk bersama Tuhan dan mendengarkan firman-Nya, kita akan mengenal keinginan dan kesukaan-Nya.


Sumber: Pelajaran-Hayat Lukas, Buku 1, Berita 26

No comments: