Hitstat

17 July 2020

Kisah Para Rasul - Minggu 10 Jumat


Pembacaan Alkitab: Kis. 6:1-7
Kidung #650


Bekerjasama dalam Tubuh


Doa baca: “Mereka dihadapkan kepada rasul-rasul, lalu rasul-rasul itu pun berdoa dan menumpangkan tangan di atas mereka. Firman Allah makin tersebar, dan jumlah murid di Yerusalem makin bertambah banyak; juga sejumlah besar imam menyerahkan diri dan percaya.” (Kis. 6:6-7)


Karena Petrus dan para rasul lainnya memikul tanggung jawab atas ministri firman, maka mereka memberikan pelayanan meja kepada orang-orang kudus lainnya. Ini adalah satu teladan yang perlu kita ikuti pada hari ini. Menurut teladan ini, kita tidak boleh menggantungkan semua tanggung jawab di atas bahu kita sendiri, tetapi membagikan tanggung jawab kepada semua orang kudus. Ini adalah satu prinsip yang penting.

Menurut sifat manusia kita, kita sama sekali tidak mau melakukan hal-hal tertentu, atau jika kita melakukan hal-hal itu, kita berbuat sedemikian rupa sehingga semua perkara yang berhubungan dengan hal-hal itu ada di dalam “kantong” kita. Pada mulanya, kantong kita mungkin “kempis”. Tetapi akhirnya, kantong itu dipenuhi dengan hal-hal yang kita cadangkan untuk diri kita sendiri. Oleh karena itu, perlunya kita belajar membagikan tanggung jawab kepada orang lain. Pertama, kita dapat memberikan tanggung jawab kepada satu saudara. Kemudian kita harus memberikan tanggung jawab lain kepada saudara lainnya. Pembagian tanggung jawab ini diperlukan untuk perluasan kesaksian Tuhan. Seperti para rasul dalam Kitab Kisah Para Rasul, kita perlu belajar untuk melakukan bagian kita dan membagikan tanggung jawab atas hal-hal lainnya kepada semua orang kudus.

Dalam permulaan kehidupan gereja, kita melihat teladan tentang membagikan tanggung jawab kepada orang lain. Penunjukan tujuh orang diaken untuk memperhatikan keperluan khusus itu adalah teladan yang sangat baik, dan kita perlu mengikutinya dalam kehidupan gereja hari ini.


Sumber: Pelajaran-Hayat Kisah Para Rasul, Buku 1, Berita 19

No comments: