Hitstat

28 July 2020

Kisah Para Rasul - Minggu 12 Selasa


Pembacaan Alkitab: Kis. 8:4-13
Suplemen #125


Isi Pemberitaan Injil


Doa baca: “Tetapi sekarang mereka percaya kepada Filipus yang memberitakan Injil tentang Kerajaan Allah dan tentang nama Yesus Kristus, dan mereka dibaptis, baik laki-laki maupun perempuan.” (Kis. 8:12)


Kisah Para Rasul 8:5 mengatakan, “Filipus pergi ke suatu kota di Samaria dan memberitakan Mesias (Kristus) kepada orang-orang di situ.” Pemberitaan Kristus oleh Filipus di Samaria adalah langkah lanjut dalam pergerakan Injil Tuhan. Dengan langkah ini Dia menyebarkan diri-Nya sebagai benih Kerajaan Allah dari keturunan Yahudi murni meluas kepada orang Samaria yang berdarah campuran untuk menggenapkan nubuat Tuhan dalam 1:8.

Mengenai pemberitaan Injil Filipus, 8:12 memberi tahu kita bahwa ia “memberitakan Injil tentang Kerajaan Allah dan tentang nama Yesus Kristus.” Filipus memberitakan Kristus sebagai Injil. Dengan kata lain, ia memberitakan Kristus, Kristus adalah Injilnya.

Kerajaan Allah adalah Tuhan Yesus, Juruselamat kita, sebagai benih hayat yang ditaburkan ke dalam kaum beriman, yaitu umat pilihan Allah (Mrk. 4:3,26), dan berkembang ke dalam suatu alam, yakni Kerajaan Allah, yang di dalamnya Allah dapat memerintah dalam hayat ilahi-Nya. Jalan masuk ke dalam Kerajaan Allah adalah kelahiran kembali (Yoh. 3:5), dan perkembangannya adalah pertumbuhan kaum beriman dalam hayat ilahi (2 Ptr. 1:3-11). Kerajaan Allah adalah kehidupan gereja hari ini, yang di dalamnya kaum beriman yang setia hidup (Rm. 14:17), dan akan berkembang ke dalam kerajaan yang akan datang sebagai suatu pahala untuk diwarisi (Gal. 5:21; Ef. 5:5) oleh kaum saleh pemenang dalam Kerajaan Seribu Tahun (Why. 20:4-6). Akhirnya, kerajaan akan rampung dalam Yerusalem Baru sebagai Kerajaan Allah yang kekal, suatu alam kekal dari berkat kekal hayat kekal Allah, yang akan dinikmati oleh seluruh umat tebusan Allah dalam langit baru dan bumi baru sampai selama-lamanya (Why. 21:1-4; 22:1-5, 14). Kerajaan yang demikian, yang diberitakan oleh Filipus sebagai Injil.


Sumber: Pelajaran-Hayat Kisah Para Rasul, Buku 1, Berita 22

No comments: