Hitstat

19 April 2008

Markus Volume 3 - Minggu 2 Minggu

Gembala Sejati yang Bersimpati
Markus 6:34a
Ketika mendarat, Yesus melihat orang banyak berkerumun, maka tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan kepada mereka, karena mereka seperti domba yang tidak mempunyai gembala.

Ayat Bacaan: Mrk. 6:34a; 1 Ptr. 5:8; Luk. 12:32

Ketika Tuhan Yesus di bumi, Ia sering melihat manusia letih lesu dan tercerai-berai seperti domba yang tidak bergembala. Kondisi mereka yang demikian membuat hati Tuhan tergerak oleh belas kasihan. Tuhan Yesus bersimpati terhadap semua orang yang letih lesu seperti domba yang tidak mempunyai gembala. Hari ini, sebagian besar manusia di bumi letih lesu dan berbeban berat. Pengangguran, kemiskinan, kelemahan, penyakit, terus datang bertubi-tubi, datang silih berganti. Tidak hanya itu, manusia juga tercerai-berai, tidak ada arah dan tujuan yang pasti, seperti domba yang tidak bergembala.
Apakah hari ini kita merasa letih lesu dan tercerai-berai tanpa arah yang pasti? O, Tuhan bersimpati dan membelaskasihani kita. Tuhan Yesus adalah gembala kita yang sejati. Ia sanggup memelihara dan merawat kita. Yang kita perlukan adalah datang dan bersandar kepada-Nya. Seekor domba tidak memiliki banyak kemampuan untuk bertahan sendirian. Jika kita berpikir bahwa kita ini serba bisa dan tidak perlu bergantung pada seseorang, kita salah besar. Kita perlu mengalami Kristus sebagai Gembala kita.
Agar bertumbuh dalam hayat ilahi dan sampai pada tujuan yang telah Allah tentukan bagi kita, kita harus mengetahui bagaimana menikmati Kristus sebagai Gembala kita. Apakah kita menyadari betapa kita memerlukan Dia untuk menjaga kita dari bahaya dan untuk memimpin kita ke padang rumput dan menemukan perhentian? Jika kita terpisah dari Gembala kita, maka Satan, yang berkeliling bagaikan singa itu siap untuk menyerang dan memangsa kita (1 Ptr. 5:8).
Saudara saudari, marilah kita membiarkan hidup kita dipimpin oleh Tuhan, Gembala kita, ke jalan yang terbaik bagi kita untuk mencapai sasaran Allah. Pimpinan-Nya akan membuat kita mengalami perubahan dalam hidup kita. Bahkan pimpinan-Nya membawakan pengasuhan, dan perlindungan bagi kita. Apabila hari ini kita senantiasa membiarkan Kristus memimpin kita maka pada saat kerajaan-Nya tiba, kita akan meraja bersama-Nya. Inilah pahala yang Allah sediakan bagi semua domba yang dengan setia mengikuti Kristus sebagai Gembala mereka (Luk. 12:32).

No comments: