Hitstat

16 May 2010

Kisah Para Rasul Volume 7 - Minggu 2 Senin

Huru-Hara Besar Mengenai Jalan Tuhan
Kisah Para Rasul 19:23
Kira-kira pada waktu itu timbul huru-hara besar mengenai Jalan Tuhan.
Efesus 6:11
Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat Iblis.

Ayat Bacaan: Kol. 1:13; Kis. 26:18; Mat. 16:18; Ef. 6:10-11

Ketika Paulus memberitakan injil di Efesus, banyak orang yang menjadi percaya, bertobat dan meninggalkan penyembahan berhala di kota itu. Ia melakukan pelayanan yang menggugah seluruh kota dan mempengaruhi masyarakat, sehingga membangkitkan reaksi dari kuasa kegelapan. Demetrius, seorang tukang perak pembuat kuil dewi Artemis menghasut tukang-tukang pembuat kuil yang lain sehingga kemarahan me-reka terhadap Paulus meluap-luap dan membuat seluruh kota Efesus menjadi kacau balau (Kis. 19:24-32). Semakin banyak penduduk Efesus yang percaya Tuhan, semakin sempit wilayah kerajaan Iblis,sehingga Iblis pun bekerja untuk menghambat pekerjaan Tuhan.
Kita perlu menyadari bahwa pemberitaan Injil yang hebat, pada akhirnya akan menjamah jantung kuasa kegelapan, dan menimbulkan reaksi dari kuasa kegelapan. Jika pemberitaan Injil kita di suatu wilayah mendapat penentangan dan serangan, kita tidak boleh mundur, tetapi seperti Paulus (Kis. 19:30), kita harus semakin terdorong dan tidak dikecewakan oleh hal-hal itu. Terjadinya penentangan malah membuktikan bahwa pemberitaan injil kita berdampak pada kerajaan kegelapan dan membuat pihak kerajaan kegelapan merasa terancam. Namun di sisi lain, kita tidak boleh bertindak berdasarkan diri sendiri untuk menimbulkan kesulitan, lalu menyangka bahwa itu membuktikan pelayanan injil kita penuh kuasa dan hebat. Berbuat demikian justru sangat berbahaya, karena hal itu akan dipakai oleh kuasa kegelapan.
Ketika panah-panah api dari musuh diarahkan kepada kita, pertama, kita perlu jelas bahwa apa pun yang kita lakukan mutlak di pihak Kerajaan Allah dan mempersembahkan diri dengan mutlak kepada-Nya. Kedua, kita harus mempercayai firman Allah. Iblis selalu menimbulkan keraguan dalam hati kita terhadap firman Allah, agar kita tawar hati dan kecewa terhadap Allah dan pelayanan kita. Namun Tuhan telah berfirman, ”Di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan pintu alam maut tidak akan menguasainya” (Mat. 16:18 Tl.). Pintu alam maut adalah kuasa Iblis atau kuasa kegelapan (Kol. 1:13). Iblis tidak dapat mengalahkan gereja-Nya.

Ia telah melucuti pemerintah-pemerintah dan penguasa-penguasa dan menjadikan mereka tontonan umum dalam kemenangan-Nya atas mereka. (Kol. 2:15)

No comments: