Hitstat

05 March 2011

Roma Volume 7 - Minggu 3 Sabtu

Transformasi dan Penyerupaan
Roma 8:29
Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara.

Ayat Bacaan: Rm. 8:29; 6:8

Transformasi dan penyerupaan adalah dua kata yang bermakna. Transformasi berhubungan dengan proses hayat, dan penyerupaan berhubungan dengan sasaran hayat. Adalah penting bahwa kita semua memiliki pemahaman yang penuh tentang proses dan sasaran ini.
Proses transformasi ini organik dan metabolik. Transformasi ini organik ka-rena berhubungan dengan hayat, dan metabolik karena berhubungan dengan proses yang di dalamnya elemen-elemen yang lama dibongkar dan elemen-elemen yang baru ditambahkan. Mengubah dengan merias wajah seseorang itu bukanlah organik ataupun metabolik. Tetapi mengubah warna wajah kulit dengan makan makanan yang bergizi itu baru organik dan metabolik. Perubahan yang demikian dapat dianggap sebagai transformasi jasmani.
Jika kita ingin ditransformasi, maka kita perlu senantiasa memandang kepada Tuhan, berdoa, membaca Firman, dan berseru kepada nama Tuhan. Dengan cara ini, kita akan makan, minum, dan menghirup suplai Kristus yang kaya ke dalam kita. Suplaian ini akan menghasilkan satu perubahan metabolik yang di dalamnya yang lama, yaitu elemen-elemen yang negatif dibongkar dan digantikan dengan yang baru, yaitu elemen-elemen yang positif. Perubahan metabolik ini adalah transformasi.
Transformasi ini meliputi pertumbuhan dan pengudusan. Sewaktu kita ditransformasi, kita bertumbuh dan dikuduskan. Akhirnya, transformasi ini akan menghasilkan penyerupaan. Semakin kita ditransformasi, semakin kita akan diserupakan kepada gambar Kristus. Melalui proses transformasi dan penyerupaan ini, kita akan sepenuhnya dibawa masuk ke dalam keputraan ilahi untuk menjadi anggota-anggota Tubuh Kristus
Bila kita melihat visi tentang transformasi dan penyerupaan oleh hayat yang dicangkokkan ini, maka Roma 6:8 akan menjadi riil di dalam pengalaman praktis kita. Kematian kita bersama dengan Kristus itu tidak akan menjadi fakta yang kita percayai saja, melainkan juga akan menjadi pengalaman kita sehari-hari melalui pekerjaan hayat ilahi yang di dalam kita. Dengan cara ini kita akan bertumbuh, dikuduskan, ditransformasi dan diserupakan.

Dan karena kemuliaan itu datangnya dari Tuhan yang adalah Roh, maka kita diubah menjadi serupa dengan gambar-Nya, dalam kemuliaan yang semakin besar. (2 Kor. 3:18b)

No comments: