Hitstat

03 April 2013

Efesus - Minggu 28 Rabu


Pembacaan Alkitab: Ef. 5:29


Dalam ayat 29 terdapat dua istilah penting: merawat dan memelihara. Merawat berarti memberi makan. Dulu banyak di antara kita yang mengikuti apa yang disebut kebaktian Kristen atau membaca Alkitab, tanpa menerima perawatan apa pun. Namun bila kita menerima Kristus sebagai persona kita, kita akan mengalami perawatan-Nya. Kita akan senantiasa merasakan adanya perawatan-Nya yang batiniah. Beroleh perawatan Kristus berarti menerima suplai kekayaan-Nya. Saya percaya kita semua pernah mengalami perawatan yang berasal dari menerima Kristus sebagai persona kita.

Perawatan mendatangkan transformasi. Kita semua menjadi apa yang kita makan. Itu berarti jika kita makan Kristus, akhirnya kita akan tersusun dengan Kristus. Kita akan ditransformasi oleh unsur Kristus yang telah disalurkan ke dalam kita. Semakin kita menerima Kristus sebagai persona kita, Ia makin merawat kita. Melalui perawatan Kristus, kita ditransformasi. Ini berarti kita menjadi satu manusia baru dengan unsur dan substansi baru. Haleluya, Kristus merawat kita dengan diri-Nya sendiri, dengan kekayaan segala apa ada-Nya! Apa yang kita perlukan hari ini bukanlah doktrin atau agama, melainkan kenikmatan atas Kristus yang almuhit.

Banyak di antara kita yang dapat bersaksi bahwa kita telah “diruntuhkan” oleh Kristus. Pada satu pihak, Kristus menyelamatkan kita, tetapi di pihak lain, Ia “meruntuhkan” kita dan membuat kita tidak berguna bagi apa pun, kecuali bagi Dia sendiri dan hidup gereja. Semakin kita menerima Kristus sebagai persona kita, semakinlah Ia “meruntuhkan” kita. Ministri ini sesungguhnya adalah ministri yang “meruntuhkan”. Melaluinya, ribuan orang telah “diruntuhkan” bagi Kristus dan gereja. Sekarang tidak ada apa pun yang dapat memuaskan kita selain Kristus yang hidup dan hidup gereja yang tepat.

Seiring dengan perawatan kita memiliki pula pemeliharaan. Dipelihara berarti dilembutkan melalui dihangatkan. Ketika kita keras dan dingin, kita perlu Kristus memelihara kita. Hati kita perlu Ia hangatkan. Setelah beberapa kali mengalami penghangatan-Nya, kita akan menjadi lembut. Banyak yang dapat bersaksi bahwa melalui berkontak dengan gereja dalam pemulihan Tuhan, mereka telah dihangatkan dan dilembutkan. Sebelum datang ke dalam hidup gereja, mereka agak dingin dan keras. Tetapi Kristus, persona yang merawat dan memelihara, telah membuat mereka hangat dan lembut. Banyak di antara kita dapat memberi kesaksian tentang pemeliharaan Kristus yang lembut dan intim sedemikian.


Sumber: Pelajaran-Hayat Efesus, Buku 3, Berita 56

No comments: