Hitstat

08 August 2013

Efesus - Minggu 46 Kamis



Pembacaan Alkitab: Ef. 4:11


Kita telah nampak bahwa dalam pasal 2 kita memiliki penciptaan manusia baru dan dalam pasal 4, pertumbuhan manusia baru. Untuk pertumbuhan manusia baru ini, kita harus mengalami Kristus yang disalibkan, dibangkitkan, naik, dan turun. Hal ini berarti Kristus yang almuhit itu harus tergarap ke dalam kita menjadi segala sesuatu kita. Setelah itu manusia baru yang sempurna secara organik itu baru akan menjadi sempurna secara fungsional.

Kristus yang telah tersalib, bangkit, dan yang telah naik ke langit tingkat ketiga kini sedang bekerja di batin kita untuk menyusun kita menjadi anggota-anggota Tubuh yang berfungsi. Ia melakukan pekerjaan ini melalui berumah di hati kita dan melalui menjenuhi kita dengan diri-Nya sendiri. Ketika Dia menjenuhi kita, kita dikuduskan, dimurnikan, dirawat, diasuh, dan diubah. Hasilnya, kita menjadi sempurna secara fungsional. Dengan cara ini Tubuh bertumbuh dan membangun dirinya sendiri. Tubuh tidak langsung dibangun oleh Kepala atau karunia-karunia yang dikatakan dalam Efesus 4:11; melainkan dibangun langsung oleh anggota-anggota yang telah diperlengkapi oleh orang-orang yang berkarunia itu.

Mengenai masalah yang penting ini, saya berdoa agar kita semua memiliki langit yang cerah. Saya dapat bersaksi bahwa langit di atas saya jelas sekali terhadap pertumbuhan manusia baru. Dalam hari-hari ini semoga Tuhan membuat semua pencari-Nya yang setia menjadi jelas terhadap satu manusia baru ini. Betapa bahagianya kita yang hidup pada waktu Tuhan memulihkan perkaraperkara ini! Efesus 4 bagi kita tidak pernah sejelas harihari ini.

Semua orang yang ingin bermigrasi bagi perluasan hidup gereja harus nampak bahwa migrasi bukan sekadar pergerakan. Migrasi adalah pergerakan dari manusia baru, yaitu pergerakan dari Kristus yang almuhit di dalam Tubuh-Nya. Ini adalah pergerakan Kristus, Salomo surgawi, dalam tandu-Nya. Jika Tuhan bergerak di antara kita sedemikian rupa, kita tidak seharusnya berfungsi secara individual. Sebaliknya, kita harus berfungsi dalam Tubuh dalam prinsip koordinasi. Untuk berfungsi demikian, kita perlu mengalami Kristus dan bertumbuh di dalam-Nya. Kapasitas pertumbuhan kita akan menjadi ruang lingkup, lingkungan fungsi kita. Jika kita gagal berfungsi, dalam Tubuh akan terjadi satu jurang pemisah. Tetapi kalau kita berfungsi secara berlebihan, kita akan menjadi kanker di dalam Tubuh. Sebagai Kepala Tubuh, Kristus tahu jelas situasi Tubuh. Semoga menurut belas kasihan-Nya, Tubuh Kristus dapat terpelihara, tidak ada kekurangan, juga tidak ada kanker yang disebabkan oleh fungsi yang berlebihan.

Kita memuji Tuhan karena Dia telah membukakan firman-Nya kepada kita. Kita bersyukur kepada-Nya karena Dia memperlihatkan kepada kita pentingnya Kristus tergarap ke dalam kita. Semakin kita dijenuhi oleh Kristus, kita akan menjadi semakin berada dalam bagian realitas dari Tubuh dengan suatu kadar fungsi yang khusus. Jika demikian, di mana saja kita berada, kita akan berfungsi dengan wajar, dan Tubuh Kristus akan bertumbuh. Hal ini akan membuat Iblis, musuh Allah, gemetar, juga bisa mempercepat kembalinya Tuhan Yesus.


Sumber: Pelajaran-Hayat Efesus, Buku 4, Berita 93

No comments: