Hitstat

13 August 2018

Markus - Minggu 10 Senin


Pembacaan Alkitab: Mrk. 6:1-44
Doa baca: “Ia tidak dapat mengadakan satu mukjizat pun di sana, kecuali menyembuhkan beberapa orang sakit dengan meletakkan tangan-Nya di atas mereka.” (Mrk. 6:5)


Terhadap Injil


Ketika kita membaca Markus 6:1-44, kelihatannya bagian ini tidaklah menekankan perkara hayat.  Mula-mula, dalam 6:1-6 Tuhan diremehkan (dihina) dan ditolak oleh orang-orang Nazaret. Sebenarnya, penolakan ini tidaklah merisaukan Dia atau mengecewakan Dia. Sekalipun Ia pergi meninggalkan mereka karena mereka menolak-Nya, namun ini tidak berarti Dia kecewa atau menyerah. Markus 6:5 menunjukkan orang-orang Nazaret yang tidak percaya menghalangi Tuhan melakukan banyak mukjizat di antara mereka.

Akibat penolakan orang-orang Nazaret, Tuhan bukannya patah semangat dan kecewa malahan lebih bersemangat. Ini terbukti dengan fakta diutus-Nya kedua belas murid-Nya dalam 6:7-13 untuk melakukan hal yang sama dengan yang Ia perbuat. Secara khusus, “Ia memberi mereka kuasa atas roh-roh jahat.”

Dalam 4:35—5:43 kita nampak bagaimana Kerajaan Allah memenuhi kebutuhan keadaan manusia. Seperti yang telah kita tunjukkan, keadaan masyarakat dilukiskan dalam bagian tersebut namun dalam 6:1-44, Markus menyajikan gambaran yang lain. Tidak peduli berapa banyak berkat yang didatangkan oleh Kerajaan dan pemberitaan Injil, dunia ma­sih tetap membenci dan menolak Hamba-Penyelamat dan orang-orang yang bekerja bersama Dia. Karena itu, dalam 6:1-44 kita nampak sikap orang-orang duniawi terhadap Injil. Apa yang akan kita perbuat untuk menghadapi sikap semacam ini? Apa yang akan kita perbuat ketika kita diremehkan, ditolak, dan dibenci, dan bahkan ketika beberapa orang dibunuh? Apakah kita akan tawar hati? Haruskah kita berhenti memberitakan kabar gembira dan berhenti bekerja untuk Kerajaan? Tentu saja tidak! Sebagai ganti tawar hati, kita harus terdorong oleh sikap negatif yang diperlihatkan oleh orang-orang duniawi terhadap Injil


Sumber: Pelajaran-Hayat Markus, Buku 1, Berita 18

No comments: