Hitstat

06 August 2018

Markus - Minggu 9 Senin


Pembacaan Alkitab: Mrk. 4:26-29; Ef. 2:19-20
Doa baca: “Demikianlah kamu bukan lagi orang asing dan pendatang, melainkan kawan sewarga dari orang-orang kudus dan anggota-anggota keluarga Allah, yang dibangun di atas dasar para rasul dan para nabi, dengan Kristus Yesus sebagai batu penjuru.” (Ef. 2:19-20)


Kristus dan Gereja


Dalam Efesus 5:32, ada rahasia besar yang terdiri atas dua bagian, yaitu Kristus dan gereja. Karena wahyu Bapa tentang Kristus hanyalah setengah dari rahasia besar ini, maka Tuhan meneruskan perkataan-Nya tentang gereja, “Dan Aku pun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku" (Mat. 16:18). Hal ini dengan tegas menunjukkan bahwa gereja haruslah dari Kristus dan untuk Kristus. Dalam Matius 16:19, segera setelah berbicara mengenai gereja, Tuhan melanjutkan pembicaraan-Nya tentang kerajaan, “Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Surga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di surga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di surga.” Di sini, “Kerajaan Surga” dapat diganti dengan “gereja” dalam ayat sebelumnya.

Pada hari Pentakosta, seperti yang dicatat dalam Kisah Para Rasul 2, Petrus menggunakan salah satu kunci untuk membuka pintu bagi orang-orang Yahudi masuk ke dalam Kerajaan. Kemudian di dalam rumah Kornelius, seperti yang tercatat dalam Kisah Para Rasul 10, Petrus menggunakan kunci kedua untuk membuka pintu masuk bagi orangorang kafir. Dalam Efesus 2 kita nampak orangorang Yahudi dan orang-orang kafir dibangunkan bersama-sama menjadi satu gereja: “Demikianlah kamu bukan lagi orang asing dan pendatang, melainkan kawan sewarga dari orang-orang kudus dan anggota-anggota keluarga Allah, yang dibangun di atas dasar para rasul dan para nabi, dengan Kristus Yesus sebagai batu penjuru” (ayat 19-20).  Hal ini menunjukkan bahwa ketika gereja disebutkan pertama kalinya di dalam Perjanjian Baru, maka sebutan ini berkaitan dengan kerajaan


Sumber: Pelajaran-Hayat Markus, Buku 1, Berita 16

No comments: