Hitstat

04 June 2019

Lukas - Minggu 17 Selasa


Pembacaan Alkitab: Luk. 14:15-24
Doa baca: “Tetapi Yesus berkata kepadanya, 'Ada seseorang mengadakan perjamuan besar dan ia mengundang banyak orang. Menjelang perjamuan itu dimulai, ia menyuruh hambanya mengatakan kepada para undangan: Marilah, sebab segala sesuatu sudah siap.” (Luk. 14:16-17)


Menerima Undangan Allah


Perjamuan besar dalam Lukas 14:16 berbeda dengan pesta pernikahan dalam Matius 22:2-14. Pesta pernikahan adalah pahala kerajaan. Perjamuan besar adalah bagi keselamatan sempurna Allah. Allah telah mempersiapkan keselamatan-Nya yang sempurna sebagai suatu perjamuan besar dan mengutus rasul-rasul yang pertama sebagai hambahamba-Nya untuk mengundang orang-orang Yahudi. Akan tetapi, karena mereka dijajah oleh kekayaan mereka; seperti tanah, ternak, atau istri, mereka menolak undangan-Nya. Kemudian, Allah mengutus rasul-rasul untuk mengundang orangorang di jalan-jalan; yang miskin, yang cacat, yang buta, dan yang lumpuh. Karena kemiskinan dan kesengsaraan mereka, mereka menerima undangan Allah (ayat 21-22a). Namun, keselamatan Allah masih memiliki tempat bagi lebih banyak orang; maka Dia mengutus hamba-hamba-Nya pergi lebih jauh, ke dunia orang kafir, yang dilambangkan oleh semua jalan dan lorong kota untuk memaksa orangorang kafir memenuhi rumah keselamatan-Nya.

Tuhan ingin membiarkan orang-orang Farisi tahu bahwa Allah telah mengundang mereka ke perjamuan-Nya yang besar, tetapi mereka semua menolak undangan Allah ini, sehingga Allah perlu pergi kepada orang-orang yang lain. Akhirnya mereka yang diundang lebih dulu oleh Allah tidak akan dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah.

Ini adalah satu perumpamaan yang indah mengenai keselamatan. Untuk diselamatkan, kita tidak perlu dengan melakukan sesuatu dengan usaha kita. Yang perlu kita lakukan untuk diselamatkan adalah datang dan menerima apa yang telah dipersiapkan Allah bagi kita. Asal kita memenuhi undangan-Nya, yaitu datang berkontak dengannya setiap hari dalam roh perbauran dan menerima apa yang telah dipersiapkan-Nya bagi kita, kita akan diselamatkan.


Sumber: Pelajaran-Hayat Lukas, Buku 2, Berita 32

No comments: