Hitstat

19 June 2019

Lukas - Minggu 19 Rabu


Pembacaan Alkitab: Luk. 11:27-54
Doa baca: “Berilah dan kamu akan diberi: Suatu takaran yang baik, yang dipadatkan, yang diguncang dan yang tumpah ke luar akan dicurahkan ke dalam pangkuanmu. Sebab ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu.” (Luk. 6:38)


Memakai Uang dengan Tepat


Sebagai kaum beriman, kita perlu mengambil kesempatan untuk memakai uang kita dengan cerdik untuk mendatangkan faedah bagi orang lain, supaya bila uang itu tidak berguna lagi, orang lain akan melakukan sesuatu bagi kita. Dalam Lukas 16:9 Tuhan berkata, “Ikatlah persahabatan dengan mempergunakan Mamon yang tidak jujur, supaya jika Mamon itu tidak dapat menolong lagi, kamu diterima di dalam kemah abadi.” Ini menunjukkan bahwa orang-orang yang telah mendapatkan faedah melalui bagaimana kita memakai uang dengan tepat akan menyambut kita ke dalam kemah yang kekal. Hal ini akan terjadi di dalam zaman kerajaan yang akan datang.

Seprinsip dengan itu, kita tidak seharusnya memakai uang kita untuk diri kita sendiri, untuk barang-barang mewah, hiburan, pelesiran, atau pelampiasan hawa nafsu kita. Sebaliknya kita harus memakai uang kita untuk mendatangkan faedah bagi orang lain. Inilah menjadi cerdik dalam melayani Tuhan.

Kita tidak dapat melayani Tuhan dengan setia tanpa memakai uang kita untuk tujuan yang benar dan pada waktu yang tepat, serta mengaturnya dengan benar. Tidak hanya demikian, kita juga perlu belajar untuk menyisihkan penghasilan yang didapatkan untuk dipersembahkan kepada Tuhan. Dalam Lukas 6:38, kita nampak perkataan Tuhan bahwa apabila kita memberi kepada orang lain, Bapa kita yang di surga akan selalu mengembalikan kepada kita lebih banyak dari pada yang kita berikan. Apa yang kita ukurkan kepada orang lain itu juga akan diukurkan kepada kita. Hal ini menunjukkan bukan hanya soal iman kita, tetapi juga soal praktik, dan praktik kita ini berdasar pada iman kepada Tuhan dan kesetiaan-Nya. Berapa besar yang kita persembahkan kepada Tuhan akan menentukan juga berapa besar yang akan kita terima dari-Nya.


Sumber: Pelajaran-Hayat Lukas, Buku 2, Berita 36

No comments: