Hitstat

08 August 2020

Kisah Para Rasul - Minggu 13 Sabtu


Pembacaan Alkitab: Kis.9:1-19
Kidung #597


Bejana Pilihan


Doa baca: “Jawab Ananias, ‘Tuhan, dari banyak orang telah kudengar tentang orang itu, betapa banyaknya kejahatan yang dilakukannya terhadap orang-orang kudus-Mu di Yerusalem. Lagi pula di sini dia memperoleh kuasa dari imam-imam kepala untuk menangkap semua orang yang memanggil nama-Mu’” (Kis. 9:13-14)


Tuhan mengutus Ananias, salah satu anggota Tubuh-Nya, untuk pergi kepada Saulus, membawa Saulus masuk ke dalam kesatuan Tubuh Kristus. Kristus, membantu dia menyadari bahwa orang beriman yang beroleh selamat memerlukan anggota-anggota Tubuh Kristus. 

Dalam 9:12 Tuhan memberi tahu Ananias bahwa Saulus “dalam suatu penglihatan ia melihat bahwa seorang yang bernama Ananias masuk ke dalam dan menumpangkan tangannya ke atasnya, supaya ia dapat melihat lagi.” Saulus yang buta menerima penglihatannya kembali berarti dia mendapatkan keselamatan yang sempurna. Hal ini sangat penting bagi Saulus, khususnya supaya mata batiniahnya tercelik sehingga nampak perkara-perkara Allah tentang rahasia dan ekonomi-Nya.

Dalam ayat 13-14 menyeru nama Tuhan adalah tanda bagi para pengikut Tuhan pada waktu sebermula (1 Kor. 1:2). Seruan ini tentunya cukup nyaring, sehingga orang lain dapat mendengarnya demikian seruan itu menjadi suatu tanda. Karena Saulus adalah bejana pilihan Allah, maka sejak di dalam kandungan ibunya ia telah dipilih dan dipanggil oleh Tuhan (Gal. 1:15). Tuhan berdaulat atas segala sesuatu, menurut pemilihan-Nya dalam kekekalan, Dia dapat membuat seorang penganiaya yang paling kejam menjadi suatu bejana, namun kemudian menjadi rasul yang terkemuka, untuk merampungkan amanat-Nya dalam pemberitaan Injil dan menempuh jalan yang pernah ia tentang dan aniaya. Akhirnya, dalam ministri Injilnya yang menang, Saulus si penentang, menjadi tawanan Kristus di dalam barisan yang merayakan kemenangan Kristus atas semua musuh-Nya (2 Kor. 2:14).


Sumber: Pelajaran-Hayat Kisah Para Rasul, Buku 1, Berita 25

No comments: