Hitstat

21 August 2020

Kisah Para Rasul - Minggu 15 Jumat

 

Pembacaan Alkitab: Kis. 10:1-33

Suplemen #601

 

 

Penglihatan Melalui Doa

 

 

Doa baca: “Ia melihat langit terbuka dan turunlah sesuatu seperti kain lebar yang bergantung pada keempat sudutnya, yang diturunkan ke tanah. Di dalamnya terdapat berbagai jenis binatang berkaki empat, binatang melata dan burung.” (Kis. 10:11-12)

 

 

Dalam Kisah Para Rasul pasal 10 ada satu penekanan yang kuat tentang pentingnya doa. Pertama kita memiliki doa Kornelius dan kemudian doa Petrus. Doa-doa dari dua orang ini menjadi sarana bagi Tuhan untuk masuk membuka pintu bagi bangsa bukan Yahudi. Sewaktu Kornelius, seorang yang saleh, sedang berdoa, suatu penglihatan datang kepadanya. Demikian juga, sewaktu Petrus sedang berdoa, penglihatan yang tercatat dalam pasal ini datang kepadanya. Dari hal ini kita melihat bahwa kita semua perlu belajar memiliki satu kehidupan doa, karena kehidupan doa selalu mempersiapkan jalan bagi pergerakan Tuhan dan membuka pintu bagi-Nya untuk menyebar. Sebagai orang-orang bagi pemulihan Tuhan, kita harus belajar bahwa Tuhan hanya dapat memakai orang-orang yang memiliki satu kehidupan doa, satu kehidupan yang berkontak dengan Dia dalam doa.

 

Kisah Para Rasul 10:3 mengatakan bahwa Kornelius berdoa pada jam yang kesembilan, dalam ayat 9 mengatakan bahwa Petrus berdoa pada jam yang keenam. Dari hal ini kita melihat bahwa mereka memiliki satu kehidupan doa dan bahkan berdoa pada waktu-waktu yang telah dijadwalkan. Jika kita memiliki kehidupan doa yang demikian menurut waktu-waktu yang dijadwalkan, kita akan dipakai oleh Dia dalam membuka jalan bagi penyebaran pemulihan-Nya.

 

Penglihatan Petrus dalam ayat 10-11 ketika ia diliputi oleh kuasa ilahi dan melihat langit terbuka, menunjukkan bahwa pergerakan Injil Tuhan di bumi berada di bawah pengendalian takhta administrasi-Nya di surga. Kain lebar yang turun dari langit ini melambangkan penyebaran Injil ke empat penjuru bumi untuk mengumpulkan berbagai macam orang  (Luk.13:29). Binatang berkaki empat, binatang melata, dan burung-burung yang disebutkan dalam ayat 12 melambangkan berbagai macam manusia.

 

 

Sumber: Pelajaran-Hayat Kisah Para Rasul, Buku 2, Berita 29

No comments: