Hitstat

24 August 2020

Kisah Para Rasul - Minggu 16 Senin

 

Pembacaan Alkitab: Kis. 10:34-48; Mat. 25:31-46

Kidung #95

 

 

Berita Petrus

 

 

Doa baca: “Lalu mulailah Petrus berbicara: 'Sesungguhnya aku telah mengerti, bahwa Allah tidak membedakan orang. Setiap orang dari bangsa mana pun yang takut akan Dia dan yang mengamalkan kebenaran berkenan kepada-Nya.” (Kis. 10:34-35)

 

 

Dari Kisah Para Rasul 10:34-36, kita melihat perkataan Petrus yang mengatakan bahwa Allah tidak membedakan orang. Kemudian ia melanjutkan mengatakan bahwa di setiap bangsa, orang-orang yang takut kepada Allah dan mengamalkan kebenaran berkenan kepada-Nya. Mereka yang takut kepada Allah dan mengamalkan kebenaran di setiap Negara, tetap merupakan bagian dari umat manusia yang jatuh, Allah menerima mereka karena penebusan Kristus. Di luar Kristus, tidak ada satu pun manusia jatuh yang bisa dibenarkan berdasarkan perbuatannya. “Semua orang” di sini mengacu kepada seluruh umat manusia. Tuhan tidak membedakan orang.

 

Petrus juga memberitakan perbuatan-perbuatan Tuhan Yesus di bumi, bagaimana Yesus dari Nazaret, diurapi dengan Roh Kudus dan kuasa, Tuhan berkeliling sambil berbuat baik dan menyembuhkan orang. Dalam ayat-ayat ini Petrus menunjukkan mukjizat-mukjizat untuk menyelamatkan dan membebaskan orang-orang yang berada di bawah kekangan Iblis. Tidak berhenti pada ministri Tuhan di bumi saja, Petrus juga melanjutkan mengenai kebangkitan Kristus. Murid adalah saksi-saksi dari segala sesuatu yang terjadi pada-Nya, mereka menyaksikan Dia digantung di kayu salib, pun melihat mereka dibangkitkan dan menampakkan diri pada mereka. Ia yang bangkit ini telah ditentukan Allah menjadi Hakim atas orang-orang yang hidup dan yang mati, dan siapa saja yang percaya kepada-Nya, akan mendapat pengampunan dosa melalui nama-Nya (Kis. 10:42-43). Secara singkat, Petrus memberitakan 5 hal: Dia adalah Tuhan dari semua orang, kehidupan dan ministri Tuhan Yesus, kebangkitan Kristus, Hakim atas orang-orang hidup dan orang-orang mati, dan pengampunan dosa.

 

 

Sumber: Pelajaran-Hayat Kisah Para Rasul, Buku 2, Berita 30

No comments: