Hitstat

25 August 2020

Kisah Para Rasul - Minggu 16 Selasa

 

Pembacaan Alkitab: Kis. 10:34-48

Kidung #224

 

 

Turunnya Roh Kudus Di Rumah Kornelius

 

 

Doa baca: “Sementara Petrus berkata demikian, turunlah Roh Kudus ke atas semua orang yang mendengarkan pemberitaan itu.” (Kis. 10:44)

 

 

Sewaktu Petrus sedang berbicara, Roh itu turun ke atas orang-orang yang ada di rumah Kornelius. Tidak diragukan lagi, Roh itu adalah Roh yang almuhit. Setelah Roh yang almuhit turun ke atas rumah Kornelius, mereka mulai berkata-kata dalam Bahasa lidah dan memuliakan Allah (ayat 46). Ketika Petrus dan orang-orang yang bersama dengan dia melihat apa yang telah terjadi, mereka tahu bahwa orang-orang yang ada di rumah Kornelius itu tidak boleh dilarang untuk dibaptis dalam air (ayat 47).

 

Roh Kudus turun ke atas orang-orang yang mendengar firman di rumah Kornelius secara luaran dan secara ekonomikal. Dalam kasus di rumah Kornelius, Roh Kudus di aspek esensial masuk ke dalam kaum beriman menjadi hayat dan di aspek ekonomikal turun ke atas mereka menjadi kekuatan, terjadi serentak saat mereka percaya kepada Tuhan. Tetapi di sini hanya mencatat Roh Kudus di aspek ekonomikal turun ke atas mereka, karena ini adalah yang di luar, maka orang lain dapat mengetahuinya dari fakta mereka berkata-kata dalam bahasa lidah dan memuliakan Allah. Roh Kudus masuk ke dalam mereka dengan tanpa suara dan tak terlihat. Sebelum mereka dibaptis dalam air oleh anggota Tubuh Kristus yang lain, mereka langsung menerima kedua aspek Roh Kudus dari Kristus, Sang Kepala Tubuh, tanpa perantara mana pun. Ini dengan tegas menunjukkan bahwa perluasan Injil Kerajaan Allah kepada orang-orang bukan Yahudi berasal dari Tuhan, dan Kepala Tubuh membaptis mereka ke dalam Tubuh-Nya secara langsung, tanpa penumpangan tangan anggota Tubuh mana pun. Hal ini berbeda dengan kasus kaum beriman Samaria dan Saulus dari Tarsus (8:17; 9:17) yang perlu penumpangan tangan anggota Tubuh yang lain.

 

Dalam Kisah Para Rasul 10:45 membicarakan tentang pencurahan karunia Roh Kudus. Karunia ini dicurahkan oleh Allah dari Kristus yang almuhit, bangkit, dan naik ke surga. Kita perlu mengucap syukur atas Roh yang almuhit ini.

 

 

Sumber: Pelajaran-Hayat Kisah Para Rasul, Buku 2, Berita 30

No comments: