Hitstat

23 July 2005

Wahyu Volume 1 - Minggu 2 Sabtu

Firman Tuhan Allah
Wahyu 1:8
"Aku adalah Alfa dan Omega, firman Tuhan Allah, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa."

Menurut F. W. Grant, seorang peneliti Alkitab, frasa "Ya, amin" dalam ayat sebelumnya (ay. 7) juga dapat dimasukkan dalam ayat ini (ay. 8). Ini berarti frasa ini, "Ya, amin" diucapkan oleh "Tuhan Allah." Karena ketidakpercayaan manusia, Dia berdebat dengan manusia dan menyangkal ketidakpercayaan mereka. Dia telah memproklamirkan di masa lampau bahwa Tuhan Yesus akan datang segera. Pada zaman ini, Dia juga sedang membuktikannya. Bukankah pada hari-hari ini Dia sedang memberikan tanda melalui situasi politik, agama, moralitas, dan kerohanian bahwa Kristus akan segera datang kembali? Tidak peduli betapa tidak percayanya manusia, hal-hal ini tetap adalah seruan Allah."Tuhan Allah" adalah nama yang dipakai Allah di Taman Eden (Kej. 2:8). Kitab ini menceritakan kepada kita bagaimana Tuhan akan menciptakan kembali taman Eden yang baru di mana manusia tidak akan pernah jatuh lagi. Karenanya, ketika menyebutkan taman Eden yang baru, Dia sekali lagi disebut sebagai "Tuhan Allah" (Why. 22:5, 6). "Tuhan" berarti Yehovah, adalah nama yang dipakai-Nya ketika Dia menetapkan perjanjian dengan Israel. "Akulah Yehovah…Aku juga telah menetapkan perjanjian-Ku dengan mereka" (TL, lihat Kel. 6:2, 4 -- ASV). "Allah" adalah nama-Nya yang umum, menandakan bahwa Dia itu lebih besar daripada semua manusia. Jadi, kita perlu mempercayai peringatan dan janji-Nya.

Alfa dan Omega
Why. 1:8

Setiap nama yang Allah gunakan dalam Alkitab masing-masing memiliki arti. Allah mewahyukan nama-Nya sendiri berdasarkan situasi yang berbeda-beda dalam interaksinya dengan umat-Nya. Pemahaman akan makna nama-nama Allah, akan memperdalam pengenalan kita akan Dia, kehendak-Nya dan janji-Nya serta karya-Nya bagi kita. Semuanya ini akan meningkatkan kualitas persekutuan kita dengan-Nya."Akulah Alfa dan Omega, ... yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang" Alfa adalah huruf pertama dari alfabet Yunani dan omega adalah huruf yang terakhir. Ini menunjukkan bahwa Dia adalah permulaan dari semua permulaan dan akhir dari semua akhir. Dia adalah Yang tanpa permulaan dan tanpa akhir, juga adalah permulaan dan akhir dari semua hal. Pada mulanya, semua hal bisa ada karena perkataan-Nya. Dan semua hal ada di tempatnya adalah menurut perintah-Nya. Dia yang sekarang berbicara dan bersaksi, juga adalah Dia yang pernah berbicara. Demikian pula Dia juga akan tetap berbicara selamanya. Selama-lamanya Dialah Allah. Apa yang disaksikan-Nya sepenuhnya benar, karena Dia tidak dibatasi oleh ruang dan waktu."Yang Mahakuasa" menyatakan kekuasaan-Nya yang tak terbatas. Bagi manusia banyak hal mustahil, namun bagi Allah tak ada yang mustahil. Yang Mahakuasa adalah nama yang dipakai-Nya untuk menetapkan perjanjian dengan Abraham. "Ketika Abram berumur sembilan puluh sembilan tahun, maka TUHAN menampakkan diri kepada Abram dan berfirman kepadanya: "Akulah Allah Yang Mahakuasa, hiduplah di hadapan-Ku dengan tidak bercela" (Kej. 17:1). Setelah itu Allah memberi Abram janji. Melalui percaya pada janji ini, maka Abraham mendapatkan anak di usia lanjut, yang sebenarnya mustahil bisa memiliki anak
Saudara-saudari kita memiliki Allah yang sedemikian berkuasa. Tidak ada satu hal-pun yang tak dapat Dia kerjakan. Marilah kita mengalihkan pandangan kita dari segala masalah yang mengelilingi kita kepada Dia yang sanggup membawa kita melewati semua persoalan kita. Dulu Dia Mahakuasa sekarang masih Mahakuasa, demikian juga akan datang tetap Mahakuasa!

Penerapan:
Kita harus selalu ingat apa yang dikatakan dalam Filipi 1:6, "Ia, yang memulai pekerjaan yang baik di antara kamu, akan meneruskannya sampai pada akhirnya pada hari Kristus Yesus."

Pokok Doa:
Ya, Tuhanku, aku percaya terhadap setiap janji-Mu di dalam Firman. Aku menolak setiap keragu-raguan di dalam benakku. Tuhan Yesus, buatku terus berjaga-jaga dan selalu siap sedia karena Engkau datang segera.

No comments: