Hitstat

18 July 2005

Wahyu Volume 1 - Minggu 2 Senin

Kepada Ketujuh Gereja
Wahyu 1:4a
"Dari Yohanes kepada ketujuh jemaat (gereja) yang di Asia Kecil..."

Yohanes menulis "kepada ketujuh gereja yang di Asia Kecil." Ketujuh gereja ini ada di propinsi Asia. Perlu kita perhatikan bahwa Yohanes tidak menggabungkan ketujuh gereja tersebut dengan satu sebutan "gereja di Asia (the church in Asia)" melainkan "ketujuh gereja-gereja di Asia (the seven churches in Asia)." Mengapa Yohanes menggunakan bentuk kata benda jamak? Ini menunjukkan bahwa semua orang kristen di Asia tidak bergabung menjadi satu gereja, melainkan mereka berkumpul di kota masing-masing sebagai satu gereja. Pada masa itu mungkin diantara ketujuh gereja ini ada persekutuan dan bahkan kerjasama, namun Yohanes memandangnya sebagai gereja-gereja yang berdiri sendiri.
Gereja-gereja yang berada di berbagai kota di Asia tidak bergabung menjadi satu gereja besar di Asia. Mereka mengatur gereja masing-masing sesuai dengan kota mereka. Mereka bertanggung jawab langsung kepada Tuhan.
Meskipun gereja-gereja ini semua ada di Asia, Alkitab membedakan mereka dan menyebut mereka dengan istilah "gereja di Efesus", "gereja di Smirna", "gereja di Pergamus" dan lain-lain. Selain itu, ketika kita membaca ayat 11, kita tidak melihat sebuah nama gereja yang disebutkan. Efesus, Smirna, dan lain-lain adalah nama kota. Roh Kudus hanya mengatakan gereja di kota tertentu, Roh Kudus tidak mengatakan gereja "A" (nama gereja) di "B" (nama kota). Dari sudut pandang Tuhan, anak-anak-Nya tidak dapat dibagi-bagi karena nama-nama gereja. Tuhan menggunakan nama kota sebagai unit gereja untuk menghindarkan perpecahan.

Satu Kota Satu Gereja
Kis. 8:1b; 11:22; 13:1; 1 Kor. 16:1; Gal. 1:2

Kalau kita membaca Kisah Para Rasul, atau membaca kalimat pengantar surat-surat kiriman, kita dapat melihat bagaimana Alkitab menyebut gereja. Di sana disebutkan "gereja di Roma", "gereja di Yerusalem", "gereja di Korintus", "gereja di Filipi", "gereja di Efesus", "gereja di Kolose" dan seterusnya.
Kita dapat melihat, Alkitab memang membeda-bedakan gereja. Tetapi pembedaan itu hanya menurut nama tempat. Selain itu, gereja tidak dapat dibeda-bedakan karena alasan apa pun.
Ukuran gereja haruslah berdasarkan pada kesatuan unit ukuran sebuah kota. Yang lebih kecil daripada kota tidak bisa menjadi tumpuan gereja, yang lebih besar daripada kota juga tidak bisa menjadi tumpuan gereja.
Apa yang dimaksud dengan lebih kecil daripada kota? Satu Korintus pasal satu menunjukkan bahwa hanya ada satu gereja di Korintus. Kalau di antara mereka ada yang berkata, "Aku dari golongan Paulus", yang lain berkata, "Aku dari golongan Apolos", dan yang lain lagi berkata, "Aku dari golongan Kefas", juga ada lagi yang berkata, "Aku dari golongan Kristus", maka gereja akan terbagi menjadi empat bagian; dan setiap bagian akan lebih kecil daripada batas kota. Inilah perpecahan. Perpecahan semacam itu menimbulkan sekte-sekte yang tidak diperkenan Allah.
Namun, gereja juga tidak boleh lebih besar daripada kota. Alkitab memperlihatkan kepada kita, Galatia adalah satu propinsi dengan banyak kota. Karena itu dalam Alkitab dipakai sebutan "gereja-gereja di Galatia".
Selain itu, satu gereja hanya boleh disebut berdasarkan nama tempatnya (kotanya), tidak boleh dengan nama lain. Hal ini sangat jelas terlihat dalam Alkitab. Atas gereja, seharusnya tidak ada nama orang, nama suatu sistem, nama suatu negara, nama asal usul, nama suatu patokan doktrin, dan sebagainya.
Dalam hayat dan persekutuan, gereja-gereja adalah satu, seperti sebuah tubuh, tetapi dalam tanggung jawab dan penampilannya, gereja-gereja dijalankan secara terpisah. Itulah sebabnya, dalam bentuknya, kaki dian itu tidak bergabung menjadi satu tetapi terpisah menjadi tujuh kaki dian.

Penerapan:
Ketika kita bertemu dengan sesama orang Kristen sejati yang lain, bagaimanakah perasaan kita? Apakah kita merasa bahwa mereka bukan dari "golongan" kita? Bagaimanakah perasaan Tuhan melihat kondisi demikian?
Kiranya kita bisa diselamatkan dari perpecahan yang sangat dibenci Tuhan.

Pokok Doa:
Mintalah agar Tuhan memberi Anda pengenalan yang tepat akan gereja sebagai Tubuh Kristus dan tidak tersesatkan oleh praktek-praktek perpecahan yang ada sekarang ini.

No comments: