Hitstat

21 November 2008

Lukas Volume 2 - Minggu 4 Sabtu

Pentingnya Dipenuhi oleh Roh dan Firman
Filipi 1:20b
Melainkan seperti sediakala, demikianpun sekarang, Kristus dengan nyata dimuliakan di dalam tubuhku, baik oleh hidupku, maupun oleh matiku.

Ayat Bacaan: Yoh. 6:63; Flp. 2:13

Kita boleh memakai listrik untuk mengumpamakan Roh dan firman. Sebagai listrik surgawi, Allah telah menginstalasikan diri-Nya ke dalam kita untuk kenikmatan kita. Namun, untuk menikmati Dia kita perlu Roh dan firman. Puji Tuhan, dalam tangan kita ada firman dan dalam roh kita ada Roh pemberi-hayat! Roh dan firman adalah dua hadiah besar yang Alah berikan kepada kita.
Kehidupan orang Kristen berkaitan erat dengan Roh pemberi-hayat dan firman hayat. Kita sangat perlu memahami bahwa firman adalah perwujudan Allah yang hidup. Tidak hanya demikian, firman adalah roh dan hayat. Tuhan Yesus berkata, “Perkataan-perkataan yang Kukatakan kepadamu adalah roh dan hidup” (Yoh. 6:63). Jangan sekali-kali kita memisahkan Allah, Roh itu, dan firman. Ketiganya adalah satu. Allah adalah firman, dan firman adalah Roh itu.
Jika Allah bukan firman, maka bagi kita Dia tetap menjadi satu rahasia yang besar. Allah telah menyatakan diri-Nya sendiri melalui pembicaraan-Nya. Karena Allah adalah Allah yang berbicara, maka Dia menjadi nyata. Kita memuji Tuhan, karena melalui perbuatan-Nya Dia telah menjadi Roh itu, dan melalui pembicaraan-Nya Dia telah menjadi firman.
Setiap hari kita perlu datang kepada firman dengan roh yang terbuka dan terlatih. Dengan demikian, kita tidak saja akan menerima terang dari firman, kita juga akan masuk ke dalam ruang lingkup terang itu. Setiap kali kita datang kepada Alkitab dengan hati yang murni dan roh yang benar, kita akan masuk ke dalam ruang lingkup terang.
Ketika kita berkontak dengan firman secara memadai melalui membaca dan berdoa, kita akan mengalami “arus listrik” ilahi. Manusia batiniah kita akan diperkuat, dihibur, dirawat, disuplai, dan disegarkan. Ini adalah Allah yang beroperasi di dalam kita menurut kerelaan-Nya (Flp. 2:13). Jika Allah beroperasi di dalam kita dan kita dipenuhi dengan firman, di mana saja kita berada, dan apa saja yang kita katakan atau lakukan, kita pasti akan menjadi ekspresi Allah yang hidup. Kita semua perlu berdoa dan dipenuhi dengan firman hayat, sehingga Kristus dapat diperbesar di dalam kita.

No comments: