Hitstat

17 October 2009

Yohanes Volume 7 - Minggu 4 Minggu

Mengalirkan darah untuk penebusan (1)
Yohanes 19:34
Tetapi seorang dari antara prajurit itu menikam lambung-Nya dengan tombak, dan segera mengalir keluar darah dan air.

Ayat Bacaan: Yoh. 19:34; 1:29; Ibr. 9:22; Kis. 20:28; Yoh. 12:24; 3:14-15; Ibr. 9:14

Pemikiran dalam Injil Yohanes, khususnya dalam pasal 18 dan 19, terutama dipusatkan pada Tuhan sebagai benih hayat, mati dan membebaskan diri-Nya melalui kematian dan kebangkitan. Dalam hal ini, sebutir biji gandum telah dilepaskan untuk menghasilkan banyak butir biji gandum. Pada mulanya hayat terbatas dalam sebutir biji gandum, tetapi kini melalui kematian dan kebangkitan, hayat Kristus telah dibebaskan, telah menghasilkan banyak butir biji gandum. Inilah pemikiran atas kematian Tuhan dalam Injil Yohanes.
Yohanes 19:34 mengatakan, “Tetapi seorang dari antara prajurit itu menikam lambung-Nya dengan tombak, dan segera mengalir keluar darah dan air.” Dari lambung Tuhan yang ditusuk mengalir keluar dua macam unsur: darah dan air. Darah adalah untuk penebusan, berkaitan dengan menanggulangi dosa-dosa (Yoh. 1:29, Ibr. 9:22) untuk membeli gereja (Kis. 20:28). Air adalah untuk menyalurkan hayat, berkaitan dengan kematian (Yoh. 12:24, 3:14-15) untuk menghasilkan gereja (Ef. 5:29-31). Di aspek negatif, kematian Tuhan me-nyingkirkan dosa-dosa kita; di aspek positif, menyalurkan hayat ke dalam kita. Kita telah dipisahkan kepada Allah oleh darah penebusan Kristus (Ibr. 9:14). Tetapi kita tidak dapat nampak kuasa darah Kristus dalam kebanyakan orang Kristen dewasa ini.
Semua orang Kristen percaya bahwa diri mereka telah ditebus, namun dalam beberapa orang di antara mereka tidak ada tanda penebusan darah. Tanda darah ialah tanda pemisahan. Bila Anda telah ditebus oleh darah, Anda pun harus membawa tanda pemisahan. Mungkin orang lain boleh dengan bebas berkata atau berbuat sesuatu, namun Anda tidak dapat. Sekalipun Anda dapat melakukan perkara itu, tetapi Anda menahan diri untuk tidak melakukannya, karena Anda telah ditebus oleh darah. Pada Anda terdapat suatu tanda bahwa Anda berbeda dan terpisah. Kalau orang lain boleh menuturkan perkataan tertentu, mengunjungi tempat tertentu, dan membeli barang tertentu, kita tidak dapat, sebab kita telah dipisahkan dan membawa tanda darah penebusan. Darah ini telah menguduskan dan memisahkan kita.

No comments: