Hitstat

29 November 2011

2 Korintus - Minggu 10 Selasa

Pembacaan Alkitab: Luk. 15:17-18, 23, 29


Dalam butir-butir tertentu, pengajaran dalam pemulihan Tuhan berbeda dengan pengajaran yang umum di antara orang-orang Kristen pada hari ini. orang-orang yang hanya memperhatikan jubah dan tidak memperhatikan lembu yang tambun mengatakan bahwa pengajaran kita ini bidah. Dalam pemulihan Tuhan kita memiliki jubah dan lembu yang tambun. Luther memulihkan jubahnya, tetapi sekarang kita juga sedang menikmati pemulihan lembu yang tambun itu. Oleh belas kasihan Tuhan kita berada di dalam pemulihan-Nya menikmati Kristus, lembu yang tambun itu, sebagai bagian yang limpah yang merawat kita.

Dalam 2 Korintus pasal 2, 3, dan 4 sulit ditemukan bulu dan kulit. Sesungguhnya tidak ada bulu di sana, tetapi dalam pasal 3 mungkin ada satu lapisan kulit yang tipis. Dalam 3:1 Paulus bertanya, "Apakah kami mulai lagi memujikan diri kami? Atau perlukah kami seperti orang-orang lain menunjukkan surat pujian kepada kamu atau dari kamu?" Dengan ayat ini sebagai dasarnya, beberapa kelompok Kristen telah membuat satu sistem menulis surat rekomendasi bagi orang-orang yang pindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Orang-orang yang mengikuti praktek ini menyatakan bahwa surat-surat rekomendasi itu ditulis bagi orang-orang kudus selama zaman Paulus. Namun, itu adalah lapisan kulit yang tipis; itu bukanlah daging dalam 2 Korintus 3. Dalam pasal ini Paulus bukan bermaksud menulis mengenai surat rekomendasi yang demikian. Sebaliknya, maksudnya adalah membicarakan mengenai penulisan surat-surat yang hidup oleh Roh pemberi-hayat dari Allah yang hidup.

Sebagai orang yang menjadi teladan untuk memperhidupkan Kristus bagi gereja, Paulus layak menulis surat-surat yang hidup. Ia layak dan ia terampil untuk hal ini. Paulus memiliki cukup banyak Kristus untuk menulis surat-surat yang hidup ini dengan Kristus sendiri sebagai abjad rohaninya. Kitab Wahyu dengan jelas mengatakan bahwa Kristus adalah alfa, huruf pertama dari abjad Yunani, dan juga omega, huruf yang terakhir. Sesungguhnya Kristus juga adalah semua huruf di antara alfa dan omega.

Berdasarkan pernyataan dalam kitab Wahyu bahwa Kristus adalah alfa dan omega, kita juga mengatakan bahwa Dia adalah semua huruf dalam abjad surgawi. Apakah Anda percaya bahwa Kristus hanyalah dua huruf saja dan bukan huruf-huruf lainnya? Tidak, Dia adalah semua huruf lainnya. Orang yang memperhidupkan Kristus bagi gereja mengenal Kristus sebagai alfa, beta, gamma, delta, dan setiap huruf lainnya dari abjad surgawi ini.


Sumber: Pelajaran-Hayat 2 Korintus, Buku 1, Berita 19

No comments: