Hitstat

02 July 2014

Kolose - Minggu 14 Rabu



Pembacaan Alkitab: Rm. 8:19-21


Dalam ayat 1 dan 3 kita menemukan satu hal yang sudah sepantasnya menarik perhatian kita. Dalam ayat 1 kita diberi tahu bahwa Kristus berada di sebelah kanan Allah. Tetapi menurut ayat 3, Kristus berada di dalam Allah. Kalau begitu, di manakah Kristus sekarang, di sebelah kanan Allah, atau di dalam Allah? Saya ingin tahu bagaimana mereka yang ahli dalam teologia analitis menjawab pertanyaan ini. Tidak peduli berapa banyak usaha kita untuk menganalisis hal ini, pikiran kita terlalu terbatas untuk memahaminya. Allah Tritunggal tidak terbatas, jauh di luar pengertian kita. Janganlah mencoba memahami-Nya dengan mentalitas Anda yang terbatas. Selain itu, Kristus sekaligus berada di sebelah kanan Allah dan di dalam Allah. Akan tetapi, menurut mentalitas kita yang terbatas, kita tidak dapat memadukan pernyataan ini.

Saya mengapresiasi kata “tersembunyi” dalam Kolose 3:3. Hari ini hidup kita tersembunyi bersama Kristus di dalam Allah. Tetapi pada suatu hari, Kristus akan tampak dan kita pun akan tampak bersama Dia dalam kemuliaan. Walau kita akan dinyatakan bersama Kristus di kemudian hari, sekarang adalah waktunya kita disembunyikan. Karena alasan ini, kita jangan mengiklankan diri kita.

Hari ini, bahkan Kristus pun tersembunyi. Coba pikir, betapa seringnya Ia dikritik, ditentang, dan diserang. Orang-orang memberontak melawan-Nya sedemikian rupa sehingga seolah-olah Dia tidak ada. Walaupun Kristus menderita karena serangan dan pemberontakan itu, Ia tetap diam dan tersembunyi.

Berbeda dengan praktek kekristenan, kehidupan kita tidak boleh terungkap. Kita harus melakukan banyak hal yang tidak diketahui orang lain. Kehidupan kristiani kita harus merupakan kehidupan yang tersembunyi, suatu kehidupan yang tersembunyi bersama Kristus di dalam Allah. Hidup gereja kita pun harus tersembunyi di dalam Allah dan di surga. Praktek kekristenan hari ini adalah mempromosikan manusia dan usaha mereka melalui mengiklankan mereka. Praktek semacam itu sebetulnya adalah Babel. Hidup gereja adalah suatu kehidupan yang tersembunyi bersama Kristus di dalam Allah dan di surga. Selama kita tersembunyi, kita beserta dengan Kristus di dalam Allah, di surga, dan di dalam gereja. Tetapi bila kita mengiklankan dan mempromosikan diri kita, kita berada di luar Kristus dan tidak bersama Dia. Ketika Kristus menyatakan diri, kita akan menyatakan diri pula bersama-Nya. Itu adalah waktu di mana kita dinyatakan bersama Kristus. Tetapi sekarang adalah waktu di mana kita tersembunyi dan menderita.

Berdasarkan Roma 8, pada suatu hari kita akan dimuliakan bersama Kristus. Dalam Roma 8:19 kita nampak bahwa “dengan sangat rindu seluruh makhluk menantikan saat anak-anak Allah akan dinyatakan. ” Pada waktu itulah “makhluk itu sendiri juga akan dimerdekakan dari perbudakan kebinasaan dan masuk ke dalam kemerdekaan dan kemuliaan anak-anak Allah” (ayat 21). Alangkah indahnya hari itu, di mana kita dinyatakan bersama Kristus kita dalam kemuliaan! Pada waktu itu, bahkan tubuh kita yang hina akan diubah menjadi tubuh yang mulia. Tetapi ketika kita menantikan hari yang indah itu, kita harus tetap tersembunyi bersama Kristus di dalam Allah, di surga, dan di dalam gereja.


Sumber: Pelajaran-Hayat Kolose, Buku 2, Berita 27

No comments: