Hitstat

12 May 2016

1 Petrus - Minggu 10 Kamis



Pembacaan Alkitab: 1 Ptr. 2:9
Doa baca: 1 Ptr. 2:9
Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib.


Dalam 1 Petrus 1 kita memiliki ekonomi Allah yang menghasilkan keselamatan sempurna-Nya, agar kita dapat memiliki hayat-Nya untuk memiliki kehidupan yang kudus dan memiliki kasih yang sejati terhadap saudara-saudara. Dalam 1:1-2 kita nampak bahwa kaum pengembara (pendatang) yang tercerai-berai berada di bawah pekerjaan Allah Tritunggal. Kemudian dalam 1:3-25 kita memiliki keselamatan sempurna Allah Tritunggal dan hasilnya. Dalam pasal 2 kita nampak perkara pertumbuhan dalam hayat dan hasilnya (2:1-10). Pertama kita bertumbuh melalui minum susu firman dan beroleh keselamatan sempurna (2:1-3). Kemudian kita ditransformasi kepada pembangunan suatu rumah rohani bagi tempat kediaman Allah, menjadi imamat yang kudus yang melayani Allah (2:4-8). Berikutnya dalam ayat 9-10, kita memiliki pemberitaan kebajikan dari Dia yang telah memanggil kita keluar dari kegelapan dan masuk ke dalam terang-Nya yang ajaib.

Petrus asalnya adalah seorang nelayan, tetapi dia cukup berhikmat. Setelah mempelajari kedua Surat Kiriman Petrus, saya sangat yakin bahwa nelayan ini memiliki pikiran orang terpelajar. Bagaimanapun, untuk mengapresiasi keindahan pemikiran Petrus, kita perlu menggali dalam-dalam ke lubuk tulisan-tulisannya.

Keindahan pemikiran Petrus terlihat dalam garis besar Surat Kiriman ini. Saya dapat bersaksi bahwa saya meluangkan banyak waktu untuk membuat garis besar Surat 1 Petrus. Ini adalah suatu tekanan besar bagi saya, karena sangat sulit untuk menentukan di mana harus menarik garis di antara berbagai bagian dari kitab ini. Saya percaya akan sangat membantu bila kita memperhatikan garis besar Surat 1 Petrus:

Dalam pendahuluan dari Surat Kiriman ini (1:1-2), kita nampak bahwa pekerjaan ekonomi Allah adalah membawa kita masuk ke dalam kenikmatan yang penuh akan Allah Tritunggal. Betapa besarnya hal ini! Kemudian dalam bagian yang pertama (1:3-25) kita memiliki keselamatan sempurna Allah Tritunggal dan hasilnya. Keselamatan sempurna Allah termasuk kelahiran kembali Bapa, penebusan Putra, dan pengudusan Roh itu. Hasil dari keselamatan sempurna ini adalah kehidupan yang kudus dan kasih persaudaraan yang tulus ikhlas.

Bagian kedua dari Surat Kiriman ini membahas pertumbuhan dalam hayat dan hasilnya (2:1-10). Untuk bertumbuh dalam hayat, kita perlu mendambakan susu firman yang murni. Bersandarkan susu ini kita bertumbuh. Hasil pertumbuhan dalam hayat adalah transformasi, pembangunan, dan ekspresi Allah. Melalui pertumbuhan dalam hayat kita ditransformasi dan dibangun, dan kemudian kita menjadi ekspresi Allah.

Bagian ketiga dari Surat Kiriman ini, yang berkenaan dengan kehidupan kristiani dan penderitaannya, adalah yang paling panjang (2:11-4:19). Petrus memerlukan lebih dari dua pasal untuk membahas masalah ini. Dalam bagian ini dia tidak berbicara mengenai kehidupan kristiani dan kenikmatannya; dia berbicara mengenai kehidupan kristiani dan penderitaannya. Dalam berita-berita yang akan datang kita akan melihat penderitaan yang dimaksud.

Setelah bagian yang panjang dari kehidupan kristiani dan penderitaannya, Petrus memiliki dua bagian yang pendek yang membahas penggembalaan penatua dan upahnya (5:1-4) dan tangan Allah yang kuat dan sasarannya (5:5-11). Terakhir, dalam 5:12-14, kita memiliki penutup.


Sumber: Pelajaran-Hayat 1 Petrus, Buku 1, Berita 19

No comments: