Hitstat

08 July 2016

2 Petrus - Minggu 1 Jumat



Pembacaan Alkitab: 2 Ptr. 1:1
Doa baca: 2 Ptr. 1:1
Dari Simon Petrus, hamba dan rasul Yesus Kristus. Kepada mereka yang bersama-sama dengan kami memperoleh iman karena keadilan Allah dan Juruselamat kita, Yesus Kristus.


Dalam 2 Petrus 1:1, Petrus berbicara tentang "mereka yang memperoleh iman yang sama berharganya". Sebagaimana orang-orang Israel mendapatkan bagian tanah di tanah permai (Yos. 13:6; 14:1-5; 19:51), kita telah diberi iman yang sama berharganya. Ini menyiratkan bahwa "segala sesuatu yang berhubungan dengan hayat dan ibadah" (ayat 3), termasuk sifat ilahi (ayat 4) yang diterima kaum beriman melalui iman yang sama berharganya sesuai dengan janji yang begitu berharga dan besar, merupakan warisan sejati yang Allah berikan kepada kaum beriman dalam Perjanjian Baru.

Kita tahu bahwa tanah permai, bagian bani Israel pada zaman Perjanjian Lama, melambangkan Kristus yang almuhit. Sekarang, menurut Perjanjian Baru, bagian kita adalah Kristus. Kolose 1:12 mengacu kepada Kristus sebagai bagian kita, "Mengucap syukur kepada Bapa, yang melayakkan kamu untuk mendapat bagian dalam apa yang ditentukan untuk orang-orang kudus di dalam terang". Sebagaimana tanah permai adalah bagian kaum saleh Perjanjian Lama, Kristus adalah bagian kaum beriman Perjanjian Baru. Selanjutnya, dalam Perjanjian Lama, tanah permai diberikan kepada kedua belas suku; dalam Perjanjian Baru, iman yang berharga diberikan kepada kita.

Dalam 1:1 Petrus berbicara tentang pemberian iman yang "sama". Kata "sama" di sini dalam bahasa aslinya berarti sama nilai atau kemustikaan; karena itu sama berharganya. Bukan sama dalam ukuran, tetapi sama dalam nilai dan kemustikaan bagi semua penerimanya. Semua bagian dari iman yang berharga sama bukan dalam ukurannya, jumlahnya, tetapi dalam mutunya. Contohnya, bagian tanah permai yang diberikan kepada kedua belas suku itu berbeda ukurannya. Yehuda menerima bagian yang lebih besar daripada bagian Benyamin. Meskipun bagian-bagian itu berbeda ukurannya, tetapi sama mutunya. Mutu tanah itu sama bagi setiap suku. Karena itu, setiap bagian sama berharganya. Demikian pula dengan iman yang sama berharganya.

Kita telah melihat bahwa bagian kita hari ini mencakup semua hal yang berhubungan dengan hayat dan ibadah. Ini termasuk sifat ilahi, yaitu bagian kaum beriman melalui iman yang sama berharganya menurut janji-janji yang berharga dan sangat besar. Gabungan semua unsur ini adalah bagian kita. Ingatlah, bagian kita terdiri atas segala hal yang berhubungan dengan hayat dan ibadah, termasuk sifat ilahi yang adalah bagian kita. Semua ini adalah warisan yang diberikan Allah kepada siapa saja yang percaya kepada Kristus.

Apakah warisan kita sebenarnya? Warisan kita adalah segala hal yang berhubungan dengan hayat yang di dalam dan ibadah yang di luar. Bagian kita termasuk sifat ilahi, yaitu yang menjadi bagian kita melalui iman bersama, yang sama berharganya. Bila kita mengumpulkan berbagai butir ini -- iman, sifat ilahi, janji-janji yang berharga dan sangat besar, hayat, dan ibadah -- kita mempunyai seluruh warisan yang diberikan kepada kita.


Sumber: Pelajaran-Hayat 2 Petrus, Berita 1

No comments: