Hitstat

15 July 2016

2 Petrus - Minggu 2 Jumat



Pembacaan Alkitab: 2 Ptr. 1:4
Doa baca: 2 Ptr. 1:4
Dengan jalan itu Ia telah menganugerahkan kepada kita janji-janji yang berharga dan sangat besar, supaya olehnya kamu boleh mengambil bagian dalam kodrat ilahi, dan luput dari hawa nafsu duniawi yang membinasakan dunia.


Menurut ayat 4, Allah telah memberi kita janji-janji yang berharga dan sangat besar, agar melalui ini kita dapat menjadi orang-orang yang berbagian dalam sifat Allah. Kita sudah mendapatkan hayat Allah. Ketika iman timbul di dalam kita pada saat kita percaya kepada Tuhan, hayat Allah disalurkan ke dalam kita. Meskipun kita telah mendapatkan hayat Allah, kita masih perlu satu proses yang panjang untuk menikmati sifat Allah.

Hayat berbeda dengan sifat. Sifat Allah adalah apa adanya Allah. Kita menikmati sifat Allah dengan memperhidupkan hayat Allah. Bagaimana kita dapat memperhidupkan hayat Allah? Kita memperhidupkan hayat Allah berdasarkan janji-janji Allah. Kita perlu hidup berdasarkan hayat Allah agar kita dapat menjadi orang-orang yang berbagian dalam sifat Allah. Berbagian dalam sifat Allah tidak lain berarti menikmati sifat Allah.

Setelah kita mengalami "bunyi klik", segala hal yang berhubungan dengan hayat dan ibadah ditanamkan ke dalam kita. Sekarang kita mempunyai hayat Allah. Hayat Allah ini membuat kita dapat menempuh hidup yang mengekspresikan Allah. Kita mengekspresikan Allah sebagai ibadah kita. Ibadah tidak lain berarti kita mengekspresikan Allah dalam kehidupan kita berdasarkan hayat Allah.

Penyaluran segala sesuatu yang berhubungan dengan hayat dan ibadah ke dalam kita adalah melalui pengenalan yang penuh akan Allah, yang telah memanggil kita oleh dan kepada kemuliaan dan kebajikan-Nya sendiri. Bagaimana kita dapat menempuh satu kehidupan yang mengekspresikan Allah sebagai ibadah kita? Kita menempuhnya melalui pengenalan kita akan Dia. Karena itu, kita perlu mengenal Orang yang telah memanggil kita dengan kemuliaan dan kebajikan-Nya dan kepada kemuliaan dan kebajikan-Nya. Tidak hanya demikian, melalui kemuliaan dan kebajikan ini Dia telah memberi kita janji-janji yang berharga dan sangat besar.

Seperti yang telah kita lihat, kata "dengan" dalam ayat 4 pertama-tama menyatakan alat dan kemudian menyatakan penyebab. Pertama, kata ini berarti satu sarana, dan kemudian dalam bahasa aslinya juga berarti dikarenakan, berdasarkan. Karena, atas dasar fakta bahwa Allah telah memanggil kita kepada kemuliaan dan kebajikan-Nya, maka Dia telah memberi kita janji-janji. Dengan janji-janji ini Dia menjamin kita bahwa Dia akan menggarapkan kebajikan-Nya sehingga kita dapat mencapai kemuliaan-Nya.

Allah telah memberi kita janji-janji ini sehingga melaluinya kita dapat menjadi orang-orang yang berbagian dalam sifat Allah. Dia telah memanggil kita kepada kemuliaan dan kebajikan-Nya dan Dia telah memberi kita janji-janji dengan maksud agar kita dapat menikmati sifat Allah. Memiliki hayat kekal adalah satu hal yang terjadi sekali untuk selamanya, tetapi berbagian dalam sifat Allah adalah satu hal yang terus-menerus. Meskipun kita memiliki hayat Allah sekali untuk selamanya, kita tidak dapat menikmati sifat Allah sekali untuk selamanya. Seumur hidup kita sebagai orang Kristen di bumi dan bahkan dalam kekekalan, kita masih harus berbagian dalam sifat Allah.


Sumber: Pelajaran-Hayat 2 Petrus, Berita 2

No comments: