Hitstat

03 October 2019

Lukas - Minggu 34 Kamis


Pembacaan Alkitab: Im. 25:9-13; 54
Doa baca: “Tetapi jikalau ia tidak ditebus dengan cara demkian, maka ia harus diizinkan keluar dalam tahun Yobel, ia bersama-sama anak-anaknya.” (Im. 25:54)


Manusia yang Jatuh Memerlukan Yobel


Berkat utama dari yobel adalah dikembalikan kepada harta warisan, yaitu diri Allah sendiri. Berkat yang kedua dari yobel adalah dibebaskan dari perbudakan mereka. Menurut lambang dalam Imamat 25, seorang Israel mungkin menjadi miskin sedemikian rupa sehingga ia harus menjual tanah miliknya. Kemudian mungkin ia makin jatuh ke dalam kemelaratan bahkan menjual dirinya sendiri, menjadi budak. Orang tersebut baru akan mendapat pembebasan dari perbudakan pada saat tahun Yobel, yaitu tahun kelima puluh.

Gambaran di dalam Imamat 25 ini sangat bermakna, menunjukkan bahwa sejak kejatuhan, menusia telah menjual dirinya sendiri sebagai budak, khususnya sebagai budak dosa (Rm. 7:14). Meskipun manusia berusaha menbus dirinya, tetapi ia tidak mampu melakukannya. Dalam zaman hati nurani, zaman pemerintahan manusia, zaman janji, dan zaman hukum Taurat, manusia tidak dapat menebus dirinya. Tetapi kemudian zaman anugerah datang, zaman yang dilambangkan oleh tahun kelima puluh. Dalam zaman ini manusia yang telah jatuh dapat dibebaskan dari belenggu. Dalam Yohanes 8:34 Tuhan Yesus berkata, “Sesungguhnya Aku berkata kepadamu, setiap orang yang berbuat dosa, adalah hamba dosa.

Yobel Allah membebaskan manusia yang telah jatuh dari dosa. Alkitab mewahyukan betapa Tuhanlah yang membebaskan manusia dari perhambaan dosa, “Jadi, apabila Anak itu memerdekakan kamu, kamupun benar-benar merdeka.” Dalam Roma 6:6-7 Paulus juga berkata, “Karena kita tahu bahwa manusia lama kita telah turut disalibkan, supaya tubuh dosa kita hilang  kuasanya, agar jangan kita menghambakan diri lagi kepada dosa.”

Manusia tidak dapat membebaskan dirinya sendiri dari dosa, kita perlu percaya dan menerima Yobel Allah yang mampu memerdekakan kita dari hukum dosa dan maut oleh hayat-Nya (Rm. 8:2).


Sumber: Pelajaran-Hayat Lukas, Buku 3, Berita 67

No comments: