Hitstat

23 October 2019

Lukas - Minggu 37 Rabu


Pembacaan Alkitab: Yoh. 14:16-20
Doa baca: “Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,” (Yoh. 14:16)


Perampungan Akhir Allah Tritunggal


Dalam Yohanes 14:16, Putra mengatakan bahwa Dia akan meminta kepada Bapa supaya memberikan Penolong yang lain kepada mereka. “Yaitu Roh kebenaran (atau, Roh realitas)… Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.” (ay. 17). Dalam ayat 18 Tuhan melanjutkan, “Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu. Aku datang kembali kepadamu.” “Ia” yang adalah Roh realitas dalam ayat 17 sekarang menjadi “Aku”, yakni Tuhan sendiri dalam ayat 18. Ini menunjukkan bahwa setelah kebangkitan-Nya, Dia sendiri akan tinggal di dalam murid-murid sebagai Roh realitas, seperti yang diteguhkan dalam 1 Korintus 15:45b.

Ketika Putra datang sebagai manusia dalam inkarnasi, Dia datang bersama Bapa dan oleh Roh itu. Melalui inkarnasi, unsur keilahian ditambahkan kepada-Nya, sehingga Dia menjadi seorang Manusia-Allah, satu Persona ilahi dan insani. Kemudian, Putra mengambil satu tahap lebih lanjut melalui kematian dengan status tujuh ganda. Setelah Dia melalui kematian yang almuhit, Dia masuk ke dalam kebangkitan. Ini adalah proses yang kita sebut transfigurasi Manusia-Penyelamat. Melalui proses transfigurasi ini, Putra menjadi Roh pemberi-hayat sebagai perampungan akhir Allah Tritunggal. Ini berarti ketika Roh itu datang, Putra dan Bapa datang juga bersama-Nya. Ketiganya – Bapa, Putra, dan Roh – datang bersama-sama sebagai Roh itu.

Transfigurasi ini mencakup sejumlah unsur: keinsanian, kehidupan insani, dan kematian Kristus yang almuhit dengan status tujuh ganda-Nya. Semua unsur ini dibawa masuk ke dalam Roh pemberi-hayat sebagai perampungan Allah Tritunggal. Hari ini, Roh pemberi-hayat telah masuk ke dalam kita, orang yang percaya kepada-Nya. Inilah warisan ilahi, berkat rohani kita untuk selama-lamanya.


Sumber: Pelajaran-Hayat Lukas, Buku 3, Berita 72

No comments: