Hitstat

23 March 2020

Yohanes - Minggu 19 Senin


Pembacaan Alkitab: Yoh. 16:12-15; 1 Yoh. 1:5
Doa baca: “Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkatakata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakanNya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.” (Yoh. 16:13)


Roh Realitas


Pekerjaan kategori pertama Roh itu ialah menginsafkan dunia melalui memberitakan Injil dan memindahkan orang keluar dari Adam masuk ke dalam Kristus. Menginsafkan orang adalah pekerjaan Roh itu dalam mendapatkan, menghidupkan, dan melahirkan kembali orang dosa. Pekerjaan kategori kedua Roh itu ialah memuliakan Putra melalui mewahyukan Dia bersama dengan kepenuhan Bapa kepada kaum beriman (Yoh. 16:12-15). Hal ini adalah untuk mewahyukan dan memuliakan Kristus supaya Kristus menjadi riil di dalam kaum beriman. Pekerjaan ini adalah pekerjaan pembangunan Roh Kudus.

Realisasi penuh dari Putra adalah Roh realitas itu. Apa adanya Putra, milik Putra, yang telah dicapai, diperoleh, dan digenapkan Putra, akan sepenuhnya tergarap ke dalam kita melalui Roh. Roh realitas akan membawa kita semua ke dalam semua realitas Kristus. Semua apa adanya Bapa, seluruh kepenuhan ke-Allahan, berdiam di dalam Kristus. Segala apa yang dimiliki Bapa, dimiliki Putra, kini telah diterima oleh Roh. Roh mewahyukan Putra bersama dengan Bapa kepada kaum beriman. Ia menjadikan segala apa adanya Kristus dan apa yang dimiliki-Nya menjadi riil bagi kita.

Hari ini kita perlu memuji Tuhan karena Ia telah menjadi Roh itu. Hidup gereja mutlak tergantung pada Roh itu. Kita perlu penerapan yang hidup tentang Bapa dan Putra melalui Roh itu. Roh itu memuliakan Putra melalui mewahyukan Dia bersama dengan seluruh kepenuhan Bapa. Roh itu melakukannya bukan dengan mengajarkan Kristus melainkan langsung mewahyukan Kristus ke dalam kita. Diperhidupkannya Kristus ialah dimuliakannya Kristus.


Sumber: Pelajaran-Hayat Yohanes, Buku 3, Berita 37

No comments: