Hitstat

08 February 2008

Matius Volume 9 - Minggu 4 Sabtu

Aku Menyertai Kamu Senantiasa
Matius 28:20
Dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.

Matius 28:20b mengatakan, “Ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai akhir zaman.” Raja Surgawi ialah Imanuel, Allah beserta kita (Mat. 1:23). Di sini Ia berjanji akan senantiasa beserta dengan kita dalam kebangkitan-Nya dengan segala kekuasaan sampai pada akhir zaman, yaitu sampai pada akhir zaman ini. Sebab itu, di mana pun kita berada, kita dihimpunkan ke dalam nama-Nya, maka Ia ada di tengah-tengah kita (Mat. 18:20). Matius membuktikan bahwa Ia sebagai Imanuel, adalah Raja Surgawi yang senantiasa beserta umat-Nya sampai Ia kembali.
Sebagai Raja dalam kerajaan bersama umat kerajaan, Tuhan beserta dengan kita senantiasa sampai akhir zaman. Tuhan beserta dengan kita hari ini, dan Ia akan beserta dengan kita besok; tidak satu hari pun terkecuali. Ia akan menyertai kita sampai akhir zaman. Ini menunjukkan kepada akhir zaman yang adalah saat parousia Tuhan, kedatangan Tuhan. Akhir zaman, kesudahan zaman itu akan merupakan kesengsaraan besar. Kita tidak mau berada di sini pada saat itu. Sebaliknya, kita ingin terangkat ke dalam parousia Tuhan, ke dalam hadirat-Nya. Inilah perihal kerajaan. Dalam kebangkitan, Tuhan beserta kerajaan kebenaran-Nya tertampil, dan kita memiliki kekuasaan, perintah, dan kedudukan untuk menjadikan bangsa-bangsa murid-murid-Nya. Dengan cara inilah kerajaan berkembang luas.
Ketika kita pergi dan memuridkan bangsa-bangsa, membaptis mereka ke dalam nama Bapa, Putra, dan Roh Kudus, kita menikmati kehadiran Tuhan senantiasa, setiap hari, sampai kepada akhir zaman. Hari ini, Kristus tidak lagi dibatasi oleh waktu dan ruang. Dia dapat berhuni di dalam semua orang yang percaya kepada-Nya. Kristus telah menjadikan diri-Nya begitu tersedia sehingga siapa pun dapat menerima dan mengalami Dia.

Mat. 28:20; 1 Ptr. 1:7; Yoh. 14:19-20

Hari ini Tuhan menyertai kita (Mat. 28:20), tetapi secara tersembunyi. Kedatangan-Nya kembali akan menjadi penyataan diri-Nya. Beberapa orang dengan keliru berpikir bahwa Tuhan Yesus tidak ada di sini hari ini. Tetapi Tuhan benar-benar ada di sini. Matius 28:20 mengatakan, “Ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai akhir zaman.” Meskipun Tuhan beserta dengan kita, Dia akan beserta dengan kita secara terselubung. Sesungguhnya Tuhan Yesus beserta dengan kita hari ini. Tuhan yang kita kasihi tidak hanya berada di surga, tetapi juga berhuni di dalam kita. Karena Tuhan sekarang tersembunyi, orang tidak dapat melihat Dia. Tetapi kedatangan-Nya akan menjadi penyataan-Nya.
Dalam 1 Petrus 1:7 Petrus menekankan secara khusus bahwa kedatangan kembali Tuhan akan merupakan penyingkapan selubung yang sekarang menutupi Dia. Pada saat itu, setiap orang akan melihat Dia. Sebelum waktu itu, kita dapat melihat Dia di dalam roh. Dalam Yohanes 14:19-20 Tuhan Yesus berbicara tentang dilihat oleh murid-Nya, “Sesaat lagi dunia tidak akan melihat Aku lagi, tetapi kamu akan melihat Aku, sebab Aku hidup dan kamu pun akan hidup. Pada waktu itulah kamu akan tahu bahwa Aku di dalam Bapa-Ku dan kamu di dalam Aku dan Aku di dalam kamu.” Menurut Yohanes 14:19, orang dunia tidak dapat melihat Tuhan Yesus, tetapi kaum beriman dapat melihat Dia. Dalam Yohanes 14:20 Tuhan Yesus menunjukkan bahwa Dia dan kita hidup bersama. Bagaimana kita dapat hidup bersama Tuhan tanpa melihat Dia? Sesungguhnya, apa yang telah kita gambarkan dalam Yohanes 14:20 bukan hanya hidup bersama Tuhan; ayat ini sesungguhnya membicarakan hidup saling huni dengan Dia, yaitu hayat Tuhan hidup di dalam kita dan kita hidup di dalam Dia. Karena kita menempuh hidup semacam ini, bagi kita Dia telah dinyatakan.
“Aku menyertai kamu senantiasa sampai akhir zaman” merupakan janji Tuhan yang besar bagi kita. Janji ini adalah satu dorongan bagi semua murid. Janji-janji Tuhan mendorong kita untuk terus maju menuju sasaran kemuliaan dan kebajikan Allah. Sebagai Roh yang berhuni, Tuhan melatih kita untuk mengenal bahwa kita adalah satu dengan Allah Tritunggal. Dia juga memimpin kita untuk merampungkan rencana kekal Allah.

Doa:
Tuhan Yesus, Kau adalah Sang Imannuel yang terus menyertai sampai kepada akhir zaman. Tidak hanya kuasa yang Kau berikan, namun juga adalah penyertaan-Mu. Tuhan, aku mau terus mengalami dan menikmati penyertaan-Mu senantiasa di dalam segala hal yang aku lakukan dan kerjakan dalam hidup ini.

No comments: