Hitstat

02 January 2010

Kisah Para Rasul Volume 2 - Minggu 3 Minggu

Apa Yang Kupunyai, Kuberikan Kepadamu
Kisah Para Rasul 3:6
Tetapi Petrus berkata: “Emas dan perak tidak ada padaku, tetapi apa yang kupunyai, kuberikan kepadamu: Demi nama Yesus Kristus, orang Nazaret itu, berjalanlah!”

Ayat Bacaan: Kis. 3:1-10; 2 Kor. 6:10; Ef. 3:8, 6:17-18

Ketika Petrus dan Yohanes, akan masuk ke dalam bait, mereka melihat seorang yang lumpuh sejak lahirnya. Mereka menatapnya dan berkata, “Pandanglah kami!” (3:2-4). Orang itu “menatap mereka dengan harapan akan mendapat sesuatu dari mereka. Tetapi Petrus berkata: Emas dan perak tidak ada padaku, tetapi apa yang kupunyai, kuberikan kepadamu: Dalam nama Yesus Kristus, orang Nazaret itu, bangkit dan berjalanlah! Lalu ia memegang tangan kanan orang itu dan membantu dia berdiri. Seketika itu juga kuatlah kaki dan pergelangan kaki orang itu” (ay. 5-7). Petrus tidak memiliki perak dan emas, tetapi katedral St. Petrus di Roma didirikan dengan banyak emas. Petrus tidak memiliki emas dan perak, tetapi ia memiliki nama Yesus Kristus, yaitu Persona Yesus Kristus. Petrus miskin dalam emas dan perak, tetapi ia kaya dalam Kristus. Gereja di Tiatira (Why. 2:18-29) dipenuhi dengan emas, tetapi tidak dipenuhi dengan Persona Kristus; kaya akan emas, tetapi miskin akan Kristus. Selain itu dalam berbicara kepada orang lumpuh itu, Petrus menyuruhnya berjalan dalam nama Yesus Kristus orang Nazaret. “Orang Nazaret” menunjukkan Dia yang dihina oleh para pemimpin Yahudi (Yoh. 1:45-46; Kis. 22:8; 24:5).
Saudara saudari, tahukah Anda apa artinya berbicara kepada orang dalam nama Yesus Kristus, orang Nazaret? Kalau Anda tidak berdiri pada tumpuan kematian, kebangkitan, dan baptisan, bagaimana sikap Anda pada situasi seperti di atas? Mungkin Anda akan berlutut dan berdoa demikian, “Tuhan, kami tidak tahu apakah orang lumpuh ini akan sembuh atau tidak. Kalau dia akan sembuh, tunjukkan dengan jelas sehingga kami dapat berdoa dengan berani; tetapi kalau dia tidak akan sembuh, kami akan melewatinya.” Tetapi pengalaman rasul-rasul tidak demikian. Mereka tidak menganggap nama Tuhan Yesus sebagai milik pribadi Tuhan Yesus, dan mereka harus minta izin untuk berbuat apa saja. Para rasul sadar bahwa nama Yesus, orang Nazaret, adalah milik mereka dan boleh mereka pakai. Demikianlah, Persona Tuhan lebih berkuasa menyelamatkan dan menyembuhkan setiap orang dari pada emas dan perak. Nama-Nya adalah Persona yang penuh kuasa!

No comments: