Hitstat

19 May 2005

1 Yohanes Volume 2 - Minggu 1 Kamis

Yang Ada Di Dalam Dunia
1 Yohanes 2:16
"Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia."

Komponen dunia, adalah keinginan (hawa nafsu) daging, keinginan (hawa nafsu) mata, dan keangkuhan hidup (1 Yoh. 2:16).
Keinginan daging adalah hawa nafsu daging, keinginan penuh nafsu dari tubuh. Karena Adam dan Hawa makan buah pohon pengetahuan baik dan jahat, maka ada elemen jahat masuk ke dalam manusia. Elemen ini bukan hanya merusak tubuh fisik kita tetapi juga berhuni di dalam sifat kita.
Keinginan mata atau hawa nafsu mata adalah keinginan yang penuh nafsu dari jiwa melalui mata (Ams. 27:20). Jiwa yang telah jatuh dan tubuh daging saling mempengaruhi dan bekerja sama dalam melakukan suatu hal yang berdosa. Karena itulah sulit untuk mengatakan tubuh daging atau jiwa yang mengambil inisiatif untuk melakukan dosa.
Keangkuhan hidup meliputi kebanggaan, kesombongan, kemuliaan sia-sia, dan pameran yang kosong tentang hal-hal material dari gaya hidup modern ini. Orang-orang jaman ini menganut gaya hidup 5 "C": career (jenjang karier), condominium (hunian yang nyaman), clubs (kumpulan untuk kesenangan), credit cards (kartu kredit), and cars (mobil). Jika kelima hal itu menjadi sasaran hidup kita, maka ini dapat menjadi celah bagi keangkuhan hidup terbentuk di dalam kita. Kita harus ingat bahwa penghulu malaikat itu jatuh hingga menjadi Iblis karena ingin meninggikan dirinya. Sebaliknya Tuhan kita mendapatkan nama di atas segala nama karena Ia telah merendahkan diri-Nya (Flp. 2:5-11).

Isi Sistem Dunia
1 Yoh. 2:13-16

Allah menciptakan manusia untuk hidup di atas bumi guna memenuhi tujuan-Nya. Tetapi Satan sebagai musuh Allah, telah membentuk satu sistem dunia yang anti Allah di atas bumi, agar dapat merebut ciptaan Allah.
Kita telah melihat bahwa dunia dalam satu Yohanes 2:15 menunjukkan satu sistem yang jahat, setani, anti Allah, yang disusun oleh Satan dengan menggunakan benda-benda yang diciptakan oleh Allah. Sistem ini terdiri dari hawa nafsu daging, hawa nafsu mata, dan keangkuhan hidup. Contohnya, Allah telah menciptakan berbagai jenis makanan agar manusia dapat mempertahankan dirinya. Satan memakai makanan untuk membentuk satu sistem dunia. Banyak jenis makanan yang hanya dapat dibeli dan dimakan oleh orang-orang berduit. Bahkan banyak tempat-tempat makan yang hanya dapat dikunjungi oleh orang-orang tertentu. Inilah sistem dunia. Akan tetapi, ini tidak berarti makanan itu adalah bagian dari sistem dunia. Lalu, apakah isi sistem dunia itu? Isinya adalah hawa nafsu daging, hawa nafsu mata, dan keangkuhan hidup.
Tidaklah mudah untuk membedakan antara hal-hal, masalah-masalah, dan orang-orang yang dipakai oleh Satan untuk menyusun sistem jahatnya dengan isi sebenarnya dari sistem dunia ini. Mobil dan rumah kita mungkin dipakai oleh Satan untuk menyusun dunia anti Allah. Tetapi baik mobil maupun rumah kita bukanlah bagian dari isi sistem jahat Satan.
Sebuah mobil dapat dimanfaatkan oleh musuh Allah untuk membentuk sistem jahatnya, contoh apabila orang membeli mobil mahal untuk pamer. Dalam hal ini, mobil itu digunakan untuk keangkuhan. Jadi masalahnya adalah pada hawa nafsu daging, hawa nafsu mata, dan keangkuhan hidup.
Dalam ayat 13 dan 14 Yohanes juga menyebut si jahat. Akan tetapi, si jahat ini, Satan, Iblis, tidak muncul secara langsung di sini. Sebaliknya, dia memakai kedok-kedok dunia dan antikristus. Tidak seorang pun ingin mengasihi Iblis jika dia muncul secara langsung. Tetapi setiap orang mengasihi dunia. Dunia adalah kedok Iblis yang dia gunakan untuk mendustai dan menipu kita. Jadi, dalam bagian satu Yohanes ini, masalahnya bukan dengan Iblis; tetapi dengan dunia sebagai kedok Iblis.

No comments: