Hitstat

20 July 2010

Kisah Para Rasul Volume 9 - Minggu 3 Rabu

Semua Orang akan Selamat karena Engkau
Kisah Para Rasul 27:24
Dan ia berkata: Jangan takut, Paulus! Engkau harus menghadap Kaisar; dan sesungguhnya oleh karunia Allah, maka semua orang yang ada bersama-sama dengan engkau di kapal ini akan selamat karena engkau.

Ayat Bacaan: Kis. 19:21; 23:11; 27:23-24; Mat. 14:16-21

Dari Kisah Para Rasul 27:23-24 kita melihat Paulus menunjukkan kepada semua orang di kapal bahwa ia adalah milik Allah dan melayani Allah. Kata “sembah” di ayat 23 dalam bahasa aslinya berarti “melayani sebagai seorang imam”. Dalam ayat 24 malaikat menjamin Paulus bahwa ia akan berdiri di hadapan Kaisar. Ini adalah untuk menggenapkan janji Tuhan (Kis. 23:11) dan mewujudkan keinginan rasul (Kis. 19:21). Menurut ayat 24, Allah telah mengaruniakan kepada Paulus semua orang yang bersama-sama dengan dia. Ini menunjukkan bahwa Allah telah memberikan mereka kepada Paulus dan bahwa mereka semua ada di bawah kuasanya. Tanpa kehadiran Paulus, mereka akan kehilangan nyawa mereka. Di sini Paulus seolah-olah akan berkata, “Karena akulah, nyawa kalian akan terpelihara. Tuhan telah memberikan kalian semua kepadaku.”
Dulu ada seorang pemuda yang baru berumur 16 tahun, ia bekerja di sebuah kontraktor bangunan. Insinyur kepala perusahaan tersebut hampir ditakuti seluruh pegawai, karena ia seorang pemarah. Setelah anak ini beroleh selamat, ia selalu mendoakan insinyur itu; meskipun ia juga takut kepadanya, tak berani memberitakan Injil kepadanya. Selang beberapa waktu, insinyur itu tiba-tiba bertanya kepadanya, ”Di antara 200 karyawan dalam perusahaan ini, aku merasa hanya engkau saja yang berbeda denganku, beritahukanlah kepadaku apakah sebabnya?” Usia insinyur itu sudah sekitar 40 sampai 50 tahun, sedangkan ia hanya 16 tahun. Jawab pemuda itu, ”Aku sudah percaya Tuhan, engkau belum percaya; itulah perbedaannya.” Pada waktu itu juga si insinyur berkata, ”Kalau begitu, baiklah aku pun ingin percaya Tuhan.” Kemudian, pemuda itu mengajaknya ke gereja, dan ia pun beroleh selamat.
Paulus dan pemuda ini adalah orang yang mempersembahkan diri mereka kepada Tuhan, maka tak heran mereka bisa menjadi berkat bagi orang-orang di sekitar mereka. Sama seperti peristiwa lima roti dan dua ikan begitu dipersembahkan kepada Tuhan, mendatangkan berkat yang sangat besar, ribuan orang dikenyangkan (Mat. 14:16-21). Semoga melalui persembahan kita, Tuhan bisa mendatangkan dan menyatakan kelimpahan berkat-Nya.

Janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau... (Yes 41:10a)

No comments: