Hitstat

01 February 2012

2 Korintus - Minggu 19 Rabu

Pembacaan Alkitab: 2 Kor. 5:14


Ministri dari perjanjian yang baru, yaitu ministri Roh itu dan kebenaran, akan mengerjakan satu kondisi kebenaran pertama-tama di dalam individu, kedua di dalam gereja, dan yang ketiga di dalam Kerajaan Seribu Tahun. Ketika kerajaan datang, di bumi akan ada kebenaran. Kemudian segala sesuatunya akan menjadi kepuasan bagi Allah, dan Allah akan membenarkan segala sesuatu. Meskipun zaman kerajaan ini belum datang, tetapi kita dapat memiliki pencicipan terhadap kebenaran kerajaan pada hari ini di dalam kehidupan gereja dan di dalam kehidupan keluarga kita. Kadang-kadang gereja lokal tertentu kondisinya baik, karena segala sesuatu, setiap orang, dan setiap perkaranya dibenarkan oleh Allah. Gereja yang demikian adalah kebenaran Allah. Dalam beberapa kasus saya telah melihat bahwa di dalam satu keluarga yang anggota-anggotanya telah diselamatkan seluruhnya ada satu kondisi di mana tidak ada satu pun yang salah, segala sesuatunya memuaskan Allah dan dibenarkan oleh-Nya. Keluarga yang demikian adalah keluarga kebenaran. Buah dari ministri dari perjanjian yang baru adalah menghasilkan kebenaran yang demikian.

Dalam ayat 21 Paulus mengatakan bahwa Kristus dijadikan dosa karena kita supaya kita dapat menjadi kebenaran Allah di dalam Dia. Di sini dosa sebenarnya sinonim dengan daging. Yohanes 1:14 mengatakan bahwa Kristus sebagai Firman itu menjadi daging. Dua Korintus 5:21 mengatakan bahwa Dia dijadikan dosa. Menurut Roma 8:3, Allah mengutus Putra-Nya dalam rupa daging dosa. Jadi, dosa dan daging itu sinonim. Selain itu, karena daging adalah manusia lahiriah kita, maka manusia lahiriah ini sepenuhnya adalah dosa. Kita sendiri, yaitu manusia alamiah kita, tidak lain adalah dosa. Bagi Kristus menjadi daging itu sama dengan diri-Nya dijadikan dosa. Ketika Dia pergi ke salib, Dia membawa daging ini bersama-Nya. Ini berarti Dia membawa kita, manusia alamiah kita, manusia lahiriah kita, ke salib.

Dalam pasal 4 Paulus membicarakan tentang manusia lahiriah, dan dalam pasal 5 ia membicarakan tentang dosa. Manusia lahiriah adalah daging, dan daging ini adalah dosa. Karena itu, manusia lahiriah, daging, dan dosa itu sinonim. Kristus dalam inkarnasi-Nya menjadi daging; yaitu, Dia dijadikan dosa. Ini berarti Dia menjadi kita. Ketika Dia disalibkan, Dia membawa manusia alamiah kita, manusia lahiriah kita, daging, dan dosa ke salib dan memakukannya di sana. Itu adalah waktu Allah menghukum dosa, daging, dan manusia lahiriah. Ketika Kristus mati di atas salib, Allah menghukum manusia alamiah kita. Dia menghukum Anda dan saya. Sasaran Allah dalam melakukan hal ini adalah agar kita dapat menjadi kebenaran Allah di dalam Kristus. Kristus yang bangkit ini adalah kebenaran, kebangkitan, dan Roh pemberi-hayat. Di dalam Dia yang demikian ini kita dapat menjadi kebenaran Allah. Inilah hasil, akibat, dan perampungan akhir dari keselamatan Allah, dan inilah yang akan dihasilkan oleh ministri dari perjanjian yang baru.

Kesimpulan dari pasal-pasal tentang ministri dari perjanjian yang baru dan para ministernya adalah kebenaran Allah. Apakah kehidupan keluarga Anda adalah kebenaran Allah? Apakah Anda adalah kebenaran Allah? Apakah gereja di tempat Anda adalah kebenaran Allah? Kita percaya bahwa ministri dari perjanjian yang baru sedang bekerja untuk mencapai sasaran membuat kita, kehidupan keluarga kita, dan kehidupan gereja kita menjadi kebenaran Allah. Kemudian ketika zaman kerajaan datang, kebenaran Allah akan berada di bumi. Kerajaan ini akan mendatangkan langit baru dan bumi baru dengan Yerusalem Baru. Di dalam langit baru dan bumi baru, kebenaran ini akan bersemayam. Inilah hasil dan perampungan akhir dari ministri dari perjanjian yang baru.


Sumber: Pelajaran-Hayat 2 Korintus, Buku 2, Berita 37

No comments: