Hitstat

31 January 2012

2 Korintus - Minggu 19 Selasa

Pembacaan Alkitab: 2 Kor. 5:17-21


Kita harus ingat bahwa ministri dari perjanjian yang baru adalah ministri Roh itu dan kebenaran. Ministri ini menyalurkan Roh hayat ke dalam kaum beriman. Ini menghasilkan satu keadaan, satu kondisi, yang disebut kebenaran. Sebelum kita diselamatkan, kita berada di dalam satu kondisi yang mutlak dihukum oleh Allah. Tidak ada satu pun yang benar, dan Allah tidak dapat membenarkan kondisi di mana kita berada itu. Tetapi setelah kita diselamatkan, kita dibawa masuk ke dalam satu keadaan di mana kita dapat dibenarkan oleh Allah. Inilah kebenaran. Namun, jika kita jujur, kita akan mengakui bahwa di satu pihak, kita memang berada di dalam satu kondisi yang benar, tetapi di pihak lain, ada hal-hal tertentu yang tidak benar yang berhubungan dengan kehidupan kita. Hal-hal ini mungkin tidak dapat dibandingkan dengan dosa yang kotor yang mungkin ada di dalam kehidupan kita sebelum kita beroleh selamat. Meskipun demikian, ada hal-hal yang tidak benar. Terutama, masih ada yang memisahkan kita dengan Allah, yaitu manusia alamiah kita, ego kita. Ini adalah dosa.

Dalam 2 Korintus 5:17-21 kita nampak tiga hal: ciptaan baru, pendamaian yang penuh, dan kebenaran Allah. Mengapa kita mengatakan bahwa kebenaran ini adalah perampungan akhir dari keselamatan Allah? Pernyataan ini berdasar pada 2 Petrus 3:13, yang mengatakan bahwa kebenaran akan terdapat di dalam langit baru dan bumi baru. Fakta bahwa kebenaran akan bersemayam di langit baru dan bumi baru menunjukkan bahwa segala sesuatu akan dibawa kembali sepenuhnya kepada Allah. Segala sesuatu akan dikepalai dan berada dalam susunan yang baik. Tidak ada satu pun yang salah, dan tidak ada satu pun yang tidak teratur. Segala sesuatu di dalam langit baru dan bumi baru itu akan menjadi benar dan memuaskan Allah. Allah akan dapat mengawasi alam semesta ini dan membenarkan segala sesuatu.

Sudahkah Anda diselamatkan dan dibawa ke dalam Kristus? Apakah Anda sekarang berada di dalam Kristus? Jika Anda dapat memenuhi syarat-syarat ini, Anda adalah ciptaan baru. Tetapi sekalipun Anda mungkin memiliki jaminan untuk mengatakan bahwa Anda adalah ciptaan baru dalam Kristus, Anda mungkin tidak memiliki keberanian untuk menyatakan bahwa Anda adalah kebenaran Allah. Alasan Anda kekurangan keberanian ini adalah karena Anda seperti seekor kupu-kupu yang belum sepenuhnya keluar dari kepompongnya. Bila "kepompong" kita telah sepenuhnya disingkirkan, barulah kita dapat mengatakan bahwa kita adalah kebenaran Allah. Sekarang ini, kita hanya dapat mengatakan bahwa kita adalah sebagian kebenaran Allah. Kita perlu salib untuk melakukan pekerjaan yang lebih lanjut atas diri kita, supaya sisa kepompong kita ini dapat dihabisi. Akhirnya, yaitu yang paling akhir di dalam Yerusalem Baru, kita akan sepenuhnya menjadi kebenaran Allah. Maka Allah dapat bermegah atas musuh-Nya, Satan, bahwa segala sesuatu di dalam Yerusalem Baru adalah kebenaran, dan tidak ada satu pun yang salah atau cemar, segala sesuatunya akan memuaskan Allah. Karena itu, Allah akan dapat membenarkan segala sesuatu di dalam Yerusalem Baru. Inilah kebenaran yang adalah perampungan dari ministri dari perjanjian yang baru.


Sumber: Pelajaran-Hayat 2 Korintus, Buku 2, Berita 37

No comments: