Hitstat

03 June 2013

Efesus - Minggu 37 Senin


Pembacaan Alkitab: Ef. 2:22; Mat. 16:18


Sepanjang sejarah, Iblis telah merusak gereja dengan agama, pengetahuan, dan organisasi. Sasaran Iblis ialah memecah belah Tubuh Kristus melalui pengetahuan dan doktrin, dan merusak fungsi-fungsi anggota Tubuh melalui organisasi, teristimewa organisasi yang berasal dari sistem hierarki. Sistem ini telah menggantikan fungsi anggota Tubuh. Jika Iblis tidak dapat menjauhkan orang dari Tuhan, ia akan mencari akal untuk merusak Tubuh Kristus. Keinginan Allah bukan hanya menyelamatkan jutaan manusia dan mengirim mereka ke surga. Keinginan Allah dalam rencana kekal-Nya ialah memiliki Tubuh untuk mengekspresikan Kristus. Ia damba memiliki sejumlah orang beriman yang sejati, yang terbangun bersama dalam hayat Kristus.

Dalam Efesus 4:11-12 kita nampak Tuhan telah memberikan para rasul, nabi, pemberita Injil, dan gembala dan pengajar untuk menyempurnakan kaum saleh bagi pembangunan Tubuh Kristus. Ini juga menunjukkan bahwa pembangunan gereja sedang berlangsung pada hari ini.

Efesus 4:16 lebih lanjut membuktikan hal ini. Di sini kita nampak bahwa pertumbuhan adalah untuk pembangunan Tubuh Kristus. Pekerjaan sesuai dengan kadar tiap-tiap anggota itu menyebabkan pertumbuhan Tubuh bagi pembangunan dirinya sendiri di dalam kasih. Perkataan Paulus jelas menunjukkan bahwa pertumbuhan yang mencapai pembangunan adalah perkara yang terjadi pada hari ini.

Tidak peduli berapa banyaknya jiwa yang dapat kita bawa kepada Tuhan, berapa banyaknya orang saleh yang dapat kita bina, dan berapa banyaknya kita membantu orang lain untuk mempelajari Alkitab dan menjadi rohani, kehendak Allah belum dapat digenapkan dengan semua itu. Saya percaya penyebab utama dari tertundanya kedatangan Tuhan adalah gereja yang belum terbangun. Dalam Matius 16:18 Tuhan Yesus berjanji dan bernubuat, “Aku akan membangun gereja-Ku.” (T.l). Perkataan ini harus tergenap sebelum Tuhan datang lagi. Kalau tidak, Ia akan merasa malu dalam hal pembangungan gereja. Iblis akan menyombongkan dirinya bahwa ia telah mengalahkan Tuhan. Iblis akan berkata kepada Tuhan Yesus, “Hampir selama dua ribu tahun Engkau mencoba membangun gereja, tetapi Engkau tidak pernah berhasil. Pekerjaan-Mu di atas salib, dalam kebangkitan, kenaikan, dan sebagai Roh pemberi-hayat, belum cukup untuk mengalahkan aku. Engkau belum mencapai sasaran-Mu.” Tuhan Yesus tidak akan membiarkan Iblis menyombongkan dirinya sedemikian. Tuhan akan mempermalukan Iblis melalui pembangunan gereja, sekalipun dalam zaman yang gelap ini. Lalu Tuhan akan berkata kepada Iblis dengan bangga, “Iblis, sekalipun zaman yang jahat dan gelap, Aku tetap dapat membangun gereja-Ku.”

Karena Tuhan berdaulat, Ia tidak akan terkalahkan. Bahkan pada hari ini Ia pun sedang menggenapkan rencana-Nya. Dalam pemulihan Tuhan kita bukan untuk agama, pengetahuan, organisasi, upacara, bentuk, atau peraturan, kita hanya untuk Kristus yang almuhit sebagai Roh pemberi-hayat dalam roh kita. Tatkala kita menikmati roh yang berbaur secara korporat, kita akan memiliki hidup gereja.


Sumber: Pelajaran-Hayat Efesus, Buku 4, Berita 74

No comments: