Hitstat

26 June 2013

Efesus - Minggu 40 Rabu


Pembacaan Alkitab: Ef. 4:15, 24


Ketika kaum saleh diperlengkapi melalui penyuplaian Kristus, mereka akan bertumbuh ke dalam Kristus. Kita memiliki Kristus di batin kita, namun atas banyak hal kita masih berada dalam diri sendiri. Karena itu, kita perlu pertumbuhan yang membawa kita keluar dari diri sendiri dan masuk ke dalam Kristus. Pengajaran-pengajaran tidak mampu melakukan hal ini. Hal ini hanya dapat dilakukan melalui menyuplaikan Kristus sebagai makanan dan pemeliharaan.

Pertumbuhan ke dalam Kristus dalam Efesus 4:15 sama artinya dengan mengenakan manusia baru dalam ayat 24. Jalan satu-satunya untuk mengenakan manusia baru ialah bertumbuh ke dalam Kristus. Semakin kita bertumbuh ke dalam Kristus, kita akan semakin mengenakan manusia baru. Mengenakan manusia baru adalah berada di dalam hidup gereja yang wajar. Kita tidak mungkin berada dalam hidup gereja bila kita tidak bertumbuh ke dalam Kristus. Kita perlu bertumbuh ke dalam Kristus atas setiap rincian kehidupan kita sehari-hari, misalnya atas hal berbelanja dan bercakap-cakap. Sering kali percakapan kita sangat alamiah dan tanpa Kristus. Cara satu-satunya untuk dibebaskan dari cara bercakap-cakap yang alamiah ialah menyingkirkannya melalui bertumbuh ke dalam Kristus. Jika kita bertumbuh ke dalam Kristus atas hal percakapan, maka percakapan kita akhirnya akan berada di dalam Kristus. Melalui bertumbuh ke dalam Kristus atas hal-hal khusus, kita akan dengan spontan lebih banyak mengenakan manusia baru.

Ketika kita bertumbuh ke dalam Kristus, kita pun akan menanggalkan manusia lama, khususnya dalam cara-cara hidup yang lama. Cara-cara hidup dari manusia lama ialah hidup sosial, atau hidup komunitas yang lama. Melalui penciptaan, setiap manusia perlu suatu kehidupan komunitas. Sebelum kita diselamatkan, kita memiliki corak hidup sosial tertentu. Kini setelah kita diselamatkan, maka kehidupan sosial kita perlu diubah. Hal ini berarti kita perlu suatu perubahan komunitas. Hidup gereja merupakan “kehidupan sosial” yang terbaik. Kita dapat bersaksi bahwa dalam hidup gereja, kehidupan sosial kita yang lama telah diganti dengan kehidupan komunitas yang terbaik. Puji Tuhan atas “kehidupan sosial” dalam gereja ini!

Hidup gereja bukan masalah karakter yang baik atau pekerjaan yang baik, melainkan sepenuhnya merupakan masalah bertumbuh ke dalam Kristus atas hal-hal khusus. Melalui bertumbuh dalam Kristus dari hari ke hari kita akan berangsur-angsur menanggalkan kehidupan sosial yang lama, dan mengenakan gereja, manusia baru, sebagai kehidupan komunitas baru. Ketika kita bertumbuh, kita menerima Kristus sebagai hayat dan persona kita. Pertumbuhan tergantung pada Kristus berumah dalam hati kita. Jika kita tidak memberi kesempatan kepada Kristus untuk berumah di dalam kita, kita tidak dapat menerima-Nya sebagai persona kita, dan tidak bisa memiliki pertumbuhan sejati dalam Kristus. Kita bertumbuh dalam Kristus hanya melalui menerima Dia sebagai persona kita. Semakin kita menerima Kristus sebagai persona kita, kita akan semakin bertumbuh ke dalam Kristus atas hal-hal khusus. Sebagai akibatnya, kita akan mengenakan lebih banyak hidup gereja.


Sumber: Pelajaran-Hayat Efesus, Buku 4, Berita 80

No comments: