Hitstat

11 November 2013

Filipi - Minggu 12 Senin




Pembacaan Alkitab: Flp. 3:12-14


Dalam Filipi 3:12 Paulus mengatakan, “Bukan seolah-olah aku telah memperoleh hal ini atau telah sempurna, melainkan aku mengejarnya, kalau-kalau aku dapat juga menangkapnya, karena aku pun telah ditangkap oleh Kristus Yesus.” Maksud Paulus di sini ialah bahwa ia masih sedang bertumbuh, sebab ia tidak menganggap dirinya sudah matang. Jika Paulus mengatakan dirinya belum memperoleh atau belum sempurna, sekalipun ia sudah sangat bertumbuh dalam hayat dan banyak pengalaman akan Kristus, lebih-lebih kita harus mempunyai sikap yang demikian terhadap diri sendiri! Paulus damba mendapatkan Kristus Yesus seperti ia juga telah didapatkan Kristus Yesus. Pada waktu Paulus bertobat, Kristus telah mendapatkan dia. Tujuan Kristus mendapatkan Paulus ialah agar Paulus mendapatkan Kristus.

Tahukah Anda bahwa Anda telah didapatkan Kristus? Pada waktu Anda bertobat, Kristus menangkap, menggenggam, dan memegang Anda. Ketika Anda bertobat kepada Kristus, Dia telah memiliki Anda sepenuhnya. Sekarang Anda tidak mungkin melarikan diri dari genggaman-Nya. Tuhan menggenggam seluruh bumi dalam tangan-Nya. Mana mungkin Anda bisa menghindari-Nya. Tuhan sangat sabar, Dia tidak mudah tersinggung dan marah. Adakalanya orang Kristen salah mewakili Tuhan dan memberi kesan kepada orang lain bahwa Dia bisa segera marah jika mereka bersalah. Padahal Tuhan dapat bersabar terhadap Anda sampai lama sekali tanpa marah terhadap Anda. Dia tidak gelisah melihat upaya Anda untuk melarikan diri dari-Nya. Dia tahu bahwa begitu Dia mendapatkan Anda, Anda tidak mungkin terlepas.

Ketika untuk kali pertama kita menyeru nama Tuhan Yesus bagi keselamatan kita, kita telah “terkail” oleh Tuhan. Berseru kepada nama Tuhan Yesus adalah perkara yang sangat penting, sebab begitu kita menyeru nama-Nya, kita akan didapatkan oleh Dia. Begitu Tuhan mendapatkan kita, tidak mungkin kita terlepas dari-Nya. Ada beberapa saudara saudari pernah bersaksi bahwa bertahun-tahun lamanya mereka mencoba meninggalkan Tuhan, tetapi pada akhirnya mereka harus kembali lagi kepada-Nya.

Tuhan Yesus memiliki kita, agar kita memiliki Dia; inilah tujuan-Nya memegang kita. Kristus menghendaki kita mendapatkan Dia. Sasaran Tuhan dalam keselamatanNya ialah menggenggam kita, agar kita mutlak memiliki Dia. Bahkan ketika Paulus menulis Surat Filipi, ia masih belum menganggap dirinya telah sepenuhnya mendapatkan Kristus. Sebaliknya, ia tetap mengejar Kristus agar dapat mendapatkan Dia.

Dalam Filipi 3 Paulus memakai tiga istilah Yunani yang masing-masing diterjemahkan mendapatkan, memperoleh, dan menangkap. Makna istilah-istilah ini sangat dekat, sebab memperoleh berarti mendapat, dan mendapat berarti menangkap. Di antaranya yang terkuat ialah menangkap. Kristus telah menangkap kita, supaya kita pun dapat menangkap Dia. Dia telah mendapatkan kita agar kita mendapatkan Dia. Jadi, kehidupan orang Kristen adalah kehidupan yang mendapatkan Kristus. Sudah berapa banyak Anda mendapatkan Kristus? Ini adalah pertanyaan yang sangat penting. Kita bertumbuh dalam hayat melalui mendapatkan Kristus. Sampai tingkat mana kita mendapatkan Kristus, sampai tingkat itu pula kita bertumbuh dalam Kristus. Kita semua perlu mendapatkan Kristus, agar hayat kita bertumbuh. Pertumbuhan rohani kita diukur dengan berapa banyak Kristus yang kita dapatkan.

Dalam ayat 12 Paulus memakai kata “kalau-kalau”, menunjukkan bahwa ia tidak jelas tentang pertumbuhan hayatnya sendiri. Jelas tentang keselamatan kita itu memang benar, tetapi janganlah kita terlalu yakin tentang pertumbuhan hayat kita. Bila kita menjamin bahwa pertumbuhan hayat kita sudah mencapai tingkat yang lumayan, mungkin kita belum bertumbuh setinggi itu. Kita harus berkata senada dengan Paulus, “Kalau-kalau aku dapat juga menangkapnya . . .”


Sumber: Pelajaran-Hayat Filipi, Buku 2, Berita 23

No comments: