Hitstat

27 October 2018

Markus - Minggu 20 Sabtu


Pembacaan Alkitab: Mrk. 13:1-37
Doa baca: “Sebab bangsa akan bangkit melawan bangsa dan kerajaan melawan kerajaan. Akan terjadi gempa bumi di berbagai tempat, dan akan ada kelaparan. Semua itu barulah permulaan penderitaan menjelang zaman baru.” (Mrk. 13:8)


Sakit Bersalin


Dalam Markus 13:8, “bangsa” menyatakan umat, bangsa bukan Yahudi, dan “kerajaan” menyatakan suatu kekaisaran. Bangkitnya bangsa melawan bangsa, rakyat melawan rakyat, mengacu kepada perang saudara, sedangkan bangkitnya kerajaan melawan kerajaan mengacu kepada perang internasional. Selain itu, ada banyak kelaparan, yang sering merupakan akibat dari peperangan.

Ketika menyinggung tentang peperangan, gempa bumi, dan kelaparan, Tuhan Yesus berkata dalam ayat 8, “Semua itu barulah permulaan penderitaan menjelang zaman baru.Orang Yahudi, sebagai orang-orang pilihan Allah, akan menderita “sakit bersalin” untuk melahirkan sekelompok orang yang akan berbagian dalam kerajaan Mesias, bagian bumiah dari Kerajaan Seribu Tahun. Manusia yang diciptakan oleh Allah, manusia lama, gagal dan menjadi tidak berguna dalam memenuhi tujuan Allah. Karena itu, melalui kematian dan kebangkitan Kristus, Allah telah melahirkan manusia baru yang universal. Kelahiran atau persalinan manusia baru diawali dengan kebangkitan Tuhan, karena kita, umat yang dipanggil oleh Allah, semuanya bangkit bersama Kristus. Pada saat Tuhan dibangkitkan, persalinan manusia baru yang universal ini belum tuntas. Sesungguhnya, hal ini hanya merupakan permulaan kelahiran manusia baru. Kelahiran ini akan berlanjut sampai akhir kesusahan besar. Hari ini banyak orang masih menderita sakit bersalin. karena kelahiran manusia baru yang universal ini belum tuntas.

Manusia baru yang universal, yang diwahyukan dalam Efesus 2 dan 4, belum sepenuhnya dilahirkan. Sebaliknya, manusia baru ini masih dalam proses dilahirkan, dan proses kelahiran ini mencakup penderitaan.


Sumber: Pelajaran-Hayat Markus, Buku 2, Berita 39

No comments: