Hitstat

15 February 2019

Lukas - Minggu 1 Jumat


Pembacaan Alkitab: Luk. 1:1-4, 26-31
Doa baca:Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus.” (Luk. 1:31)


Perbauran antara Esens Ilahi dengan Esens Insani

Subjek Injil Lukas adalah Manusia-Penyelamat dan penyelamatan-Nya dalam standar moralitas yang tertinggi. Menurut Injil Lukas, Penyelamat kita hidup, berperilaku, dan bekerja dalam standar moralitas tertinggi. Selain itu, penyelamatan-Nya dilaksanakan dalam standar moralitas tertinggi.

Tuhan Yesus adalah Manusia-Penyelamat. Sebagai Manusia-Penyelamat, Dia dikandung dari Roh Kudus dengan esens ilahi. Tidak seperti riwayat hidup lainnya, Lukas juga mencatat keterkandungan-Nya saat ia menulis riwayat hidupnya. Manusia-Penyelamat ini bukan dikandung dari seorang manusia, melainkan dari Roh Kudus dengan esens ilahi. Roh Kudus adalah Allah itu sendiri yang mencapai manusia. Ini berarti, ketika Allah mencapai manusia, Dia adalah Roh Kudus. Dengan keterkandungan Manusia-Penyelamat ini, Roh Kudus masuk ke dalam keinsanian. Manusia-Penyelamat ini dikandung dari Roh Kudus bukan hanya dengan sifat ilahi melainkan dengan esens ilahi.

Manusia-Penyelamat ini lahir dari seorang dara manusia dengan esens insani. Dalam Lukas 1:27 dan 31 kita melihat bahwa seorang dara bernama Maria mengandung dan melahirkan seorang Putra yang bernama Yesus. Karena Manusia-Penyelamat ini dikandung dari Roh Kudus dengan esens ilahi dan lahir dari seorang dara manusia dengan esens insani, maka Dia memiliki dua esens, ilahi dan insani. Pada-Nya ada perbauran esens ilahi dengan esens insani. Keterkandungan adalah pembauran, bukan hanya suatu penambahan, sama seperti teh dibaurkan dengan air, tidak menghasilkan sifat ketiga. Penyelamat kita adalah Persona dengan dua esens—ilahi dan insani—dibaurkan bersama tanpa menghasilkan sifat ketiga. Meskipun Tuhan memiliki dua esens, Dia masih tetap adalah satu Persona yang lengkap, yang adalah Allah dan manusia.


Sumber: Pelajaran-Hayat Lukas, Buku 1, Berita 1

No comments: